Waspada! 10 Makanan Terlarang untuk Bayi

Setelah masuk usia 6 bulan, Si Kecil perlu mendapatkan dukungan nutrisi dari makanan pendamping ASI (MPASI). Walau sudah boleh makan, bukan berarti semua makanan bisa Anda berikan untuk bayi. Sebelum usia bayi genap 12 bulan, sebaiknya Moms tidak memberikan 10 makanan ini untuk Si Kecil.
1. Putih telur
Protein dan manfaat kesehatan lainnya bisa didapat dari putih telur. Namun, bakteri yang terdapat di dalamnya berbahaya untuk Si Kecil di bawah usia satu tahun. Konsumsi putih telur ini bisa menyebabkan gangguan perut dan penyakit lain, khususnya pada bayi.

2. Selai kacang

Selai kacang kaya akan potasium, protein, dan serat. Namun, teksturnya yang lengket dapat menyebabkan plak pada gigi. Hal ini bisa menyebabkan masalah seperti gigi bolong pada Si Kecil.

3. Sayuran mentah

Sayur-sayuran tentu baik untuk dikonsumsi karena nutrisi yang terbilang lengkap serta mampu mengurangi risiko penyakit kronis. Namun akan berbahaya jika memberikan sayur mentah pada bayi. Salah satunya seperti pemberian wortel yang dapat membuat Si Kecil tersedak.

4. Kacang utuh

Kacang-kacangan memang kaya akan serat, vitamin E, dan L-arginine. Namun, ukurannya yang terbilang cukup besar bayi bayi dapat menyebabkan penyumbatan esofagus. Bayi pun belum memiliki gigi yang kuat untuk mengunyah kacang, sehingga bisa membuatnya tersedak jika diberikan begitu saja.

5. Makanan Kaleng

Untuk penyajian makanan yang cepat, makanan kaleng sering menjadi pilihan Moms. Namun, bakteri di dalamnya sangat berbahaya untuk Si Kecil. Salah satunya bayi bisa mengalami botulisme atau keracunan makanan karena bakteri Clostridium botulinum.

6. Madu

Madu biasanya menjadi pilihan pengganti gula karena rasanya yang manis secara alami. Namun ternyata, akan berbahaya untuk dikonsumsi oleh bayi. Madu mengandung spora dan kontaminan lainnya yang bisa menyebabkan infeksi pada bayi. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga tidak menyarankan pemberian madu untuk anak di bawah 12 bulan.

7. Makanan Laut

Berbagai jenis makanan laut seperti ikan, kerang atau kepiting menjadi salah satu favorit orang dewasa. Namun tidak untuk bayi, karena dapat menyebabkan alergi. Kandungan merkuri yang tinggi dalam beberpa jenis ikan juga sangat berbahaya jika diberikan pada Si Kecil.

8. Jus Buah

Buah juga menjadi salah satu sumber nutrisi, yang bisa dinikmati langsung atau dijadikan jus. Namun, pemberian jus kemasan dapat berbahaya jika dikonsumsi Si Kecil. Alasannya karena terdapat zat pengawet yang tidak dapat diproses secara baik oleh sistem pencernaan bayi. Jika ingin memberikan jus buah segar, ada baiknya untuk mengkonsultasikan pada dokter dahulu.

9. Serba Susu

Saat memperkenalkan makanan pendamping ASI, usahakan untuk tidak memberikan bahan olahan dari susu. Hal ini dikarekanan protein dan mineral dalam susu sapi tidak baik untuk bayi di bawah usia 12 bulan. Maka, sebaiknya hindari pemberian makanan dari olahan berbahan susu sapi seperti keju atau yogurt.

10. Buah Jeruk

Salah satu buah yang perlu dihindari untuk diberikan pada Si Kecil adalah buah jeruk. Hal ini karena jeruk memiliki vitamin C yang cukup tinggi dan membuatnya memiliki rasa asam. Hal tersebut belum bisa diatasi oleh perut bayi, sehingga sangat penting untuk menghindari pemberian jeruk ketika mereka berusia di bawah satu tahu. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)

sumber motherandbaby.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *