Mual Hingga Pusing, Ini Tanda Awal Kehamilan yang Penting Kamu Tahu

copyright unsplash.com/Jonathan Smith

Vemale.com РTerlambat datang bulan bisa menjadi gejala awal seseorang mengalami kehamilan. Meski begitu, telat datang bulan tidak menjamin seseorang sedang hamil. Setiap wanita pada dasarnya memiliki tanda-tanda kehamilan yang berbeda-beda. Dan untuk memastikan seseorang sedang hamil atau tidak, langkah yang paling tepat untuk dilakukan adalah melakukan tes kehamilan.

Melansir dari laman womenshealth.com, tanda-tanda kehamilan bisa dilihat dari berbagai hal yang terjadi pada tubuh. Ada beberapa tanda yang umum dirasakan untuk melihat awal kehamilan. Berikut tanda tersebut.

  1. Perubahan Payudara. Seseorang yang positif hamil akan mengalami perubahan pada payudaranya. Perubahan ini bisa berupa payudara jadi lebih kencang, lebih besar, lebih sensitif dan puting tampak lebih menonjol.
  2. Sering Buang Air Kecil. Umumnya, wanita hamil akan lebih sering buang air kecil. Ini terjadi karena pembesaran rahim membuat kantong kemih tertekan dan mendorong keinginan buang air kecil lebih sering.
  3. Mual dan Muntah. Beberapa wanita di awal kehamilan akan merasa mual dan muntah di pagi hari. Biasanya, mual dan muntah ini akan sembuh di usia kehamilan 12 sampai 16 minggu.
  4. Sensitif Terhadap Bau. Wanita yang hamil memiliki indera penciuman yang lebih tajam. Bau-bau makanan atau benda yang sebelumnya biasa saja, bagi wanita hamil bau ini akan sangat mengganggu. Inilah yang selanjutnya membuat wanita hamil rentan mual dan muntah saat mencium bau-bau tertentu.
  5. Hilangnya Nafsu Makan. Akibat sensitif terhadap bau, wanita hamil akan kehilangan nafsu makan.
  6. Konstipasi. Perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan kinerja sistem pencernaan melambat. Ini nantinya meningkatkan risiko sembelit atau konstipasi.
  7. Pusing dan Suasana Hati Memburuk. Wanita yang sedang hamil, juga rentan mengalami pusing. Tak hanya pusing, suasana hati dari mereka tidak sedikit yang memburuk.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan yang bisa dirasakan. Selain tanda di atas, tanda lain adalah tubuh merasa cepat lelah, ingin makan atau minum sesuatu yang tak pernah diinginkan sebelumnya, mudah mengantuk dan emosi kurang stabil.

Jika ingin mengetahui dengan pasti apakah kamu sedang hamil atau tidak, segera lakukan tes kehamilan. Cara ini bisa membuatmu yakin akan kehamilan yang kamu rasakan.

sumber rohmitriasih vemale.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *