Manfaat Rajin Menulis di Kertas Bisa Pertajam Ingatan!

Terbiasa menulis tangan dapat meningkatkan daya ingat

Teori di atas disimpulkan oleh dua peneliti bidang psikologi, Pam Mueller dari Princeton University dan Daniel Oppenheime dari University of California, Los Angeles. Mereka merekrut sejumlah mahasiswa yang diminta untuk sama-sama mendengarkan materi kuliah yang disampaikan oleh seorang dosen di kelas.

Sebelumnya, partisipan telah dibagi dalam dua kelompok untuk mengerjakan tugas yang berbeda: kelompok pertama diminta untuk menulis sambil mendengarkan si dosen, sementara kelompok kedua diminta untuk mengetik di laptop pribadi. Setengah jam kemudian, semua peserta diuji mengenai materi apa yang tadi diterangkan oleh dosen.

Hasilnya, detail catatan dari kelompok mahasiswa yang mengetik di laptop terlihat sama persis dengan apa yang disampaikan oleh dosen, bahkan tampak seperti transkrip rekaman. Sementara itu, catatan dari kelompok mahasiswa yang mencatat dengan tangan lebih berantakan dan terkesan lompat-lompat tidak beraturan.

Meski begitu, mahasiswa yang diminta untuk mencatat di kertas justru menunjukkan ingatan yang lebih tajam terkait dengan detail informasi materi tersebut serta pemahaman yang lebih dalam. Mahasiswa yang membuat catatan di laptop justru menunjukkan motivasi belajar yang lebih rendah.

Manfaat menulis tangan untuk meningkatkan daya ingat seseorang

Mueller dan Oppenheime percaya bahwa menulis tangan merupakan cara yang baik untuk menyimpan, mengingat kembali, sembari menyimpulkan intisari sebuah topik materi saat belajar.

Menulis tangan merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat memori di otak. Penelitian dari Intech juga menyatakan bahwa menulis tangan bisa memperkuat ingatan seseorang mengenai apa yang ia pelajari, sedangkan belajar sambil mengetik di laptop tidak terlalu bagus efeknya untuk otak.

Peneliti juga menemukan, menulis tangan memungkinkan otak untuk menerima umpan balik dari gerakan motorik seseorang. Namun ini umpan balik ini tidak diterima oleh otak ketika Anda mencatat dan mengetik di laptop.

Gerakan-gerakan saat menulis tangan juga diyakini meninggalkan memori di bagian sensorimotor otak. Sehingga ini bisa membantu orang mengenali huruf yang ditulis dan membangun hubungan antara membaca dan menulis. Para peneliti percaya,  menulis dengan tangan memang membutuhkan waktu lebih lama daripada mengetik di keyboard, namun lebih bermanfaat untuk proses mengingat dan belajar.

Oleh Novita JosephInformasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri – Dokter Umum.
sumber hellosehat.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *