Tutorial Cara Membuat Bunga Dari Kertas Krep

Cara membua bunga dari kertas dapat diubah menjadi bermacam macam hiasan pada rumah maupun ruangan yang lain. Kamu tentunya mampu membuat bunga buat hiasan dinding maupun bunga sebagai hiasan di permukaan meja. Bunga hias tersebut bisa juga dipakai dalam mempercantik tampilan ruangan pesta maupun acara yang lain.

Terus apa saja bunga yang dapat dibentuk dari kertas krep? Mungkin itulah salah satu dari pertanyaan yang terlintas di fikiran Anda. Kurang lebih setiap bunga yang terkenal misalnya bunga sakura, mawar, tulip, melati, dan berbagai jenis bunga yang lain. Pastinya masing masing bunga tersebut mempunyai tingkat kerumitan yang berbeda-beda.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas dan Sedotan

cara membuat bunga dari kertas dan sedotan
pinterest.com

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat bunga dengan bahan kertas dan juga sedotan. Untuk awal-awal siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Kertas
  2. Sedotan
  3. Lem Kertas
  4. Kawat

Pertama-tama kamu gulung kertas dengan sedotan, kemudian mampatkan kertasnya. Setelah mampat, baru deh kamu copot sedotannya tersebut. Agar lebih mudah membayangkannya, Coba lihat gambar di bawah.

cara membuat bunga dari kertas dan sedotan
gambar 1

Lakukan cara cara tadi secara berulang, hingga sampai mendapatkan beberapa buah bunga. Ketika sudah menghasilkan banyak bunga, baru deh kamu bentuk bunga tersebut menjadi lingkaran. Caranya yaitu dengan menyambungkan satu ujung dengan ujung yang lainnya.

Jangan lupa buat juga tangkai bunganya, adapun cara membuat tangkai bunga, bisa ikuti langkah langkah selanjutnya karena hampir mirip. Gampang banget kok.

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Krep

cara membuat bunga mawar dari kertas krep
penulispro.com

Cara membuat bunga dari kertas krep yang terakhir yang mau kita bikin ialah bunga mawar. Anda pastinya sudah sangat familiar kan dengan bunga mawar? Bunga yang sering dipakai sebagai tanda cinta ini memang lumayan populer di masyarakat. Di samping memiliki bentuk dan warna yang menarik, bunga mawar juga memiki bau yang wangi.

Tidak aneh jika mayoritas orang banyak yang mengagumi jenis bunga yang satu ini. Jika aslinya bunga tersebut umumnya ditanam pada pot bunga, maka bunga kertas ini amat pas apabila dimanfaatkan sebagai hiasan di dalam rumah.

Untuk cara membuat bunga dari kertas krep ini bisa dibilang lumayan mudah, Coba dikuti tahapan tahapannya berikut ini.

  • Sediakan kertas krep dengan berbagai warna favorit anda. Anda dapat juga memakai warna merah, merah muda, putih maupun warna ungu.
  • Potong kertas krep itu hingga jadi beberapa bagian disertai bentuk yang melengkung persis kelopak bunga mawar.
  • Bikin tangkai bunga dengan memakai gulungan kertas koran yang dilekatkan memakai lem atau boleh juga memakai kawat.
  • Gunakan lem untuk merekatkan kelopak bunga yang sudah di bentuk ke ujung tangkai.
  • Rekatkan lagi kelopak bunga yang lain dengan melingkar hingga menjadi satu buah mahkota bunga yang indah.
  • Sesudah rampung merekatkan kelopak bunga, bikin lapisan untuk bagian tangkai bunga memakai kertas krep warna coklat atau hijau. Supaya tampak lebih menawan Anda boleh memberi daun pada tangkai menggunakan kertas krep warna hijau.
Baca Juga  Cara Membuat Origami Bunga, Kupu kupu, Bintang Dll Beserta Gambar

Agar lebih rincinya tentang langkah langkah membuat bunga mawar dari kertas krep, coba tonton video berikut ini.

Ada juga khusus bagi kamu yang sedikit kuota internetnya, boleh deh lihat gambar di bawah ini, dan coba saja ikuti langkah langkahnya.

cara membuat bunga mawar dari kertas krep

sumber hidupsimpel.com

8 Trik Menata Dapur Sederhana Dan Rapi Dengan Cepat

Ibu rumah tangga mana yang tidak ingin punya dapur sederhana dan rapi? Pentingnya sebuah dapur sederhana dan rapi memang tidak hanya ditentukan oleh besar kecilnya saja loh, tetapi juga dari kemampuan kamu untuk tetap mempertahankan dapur sederhana dan rapi setiap saat.

Umumnya pemilik rumah sering melakukan pembersihan total atau besar-besaran untuk area dapur, terutama pada hari-hari spesial seperti tahun baru atau momen khusus lainnya. Pembersihan total ini umumnya dilakukan sekitar 1 atau 2 kali setiap tahun dimana setiap sudut dan laci ruangan dapur akan dibongkar dan dibersihkan secara menyeluruh. Lalu bagaimana dengan dapur sederhana dan rapi  milikmu?

dapur sederhana dan rapi
unoform.co.uk

Kunci dalam mempertahankan dapur sederhana dan rapi adalah dengan pembersihan rutin alias perawatan  harian. Banyak hal yang bisa kamu lakukan setiap harinya dalam skala kecil dan minimal, tetapi punya efek besar untuk penampilan dapur sederhana dan rapi.

Jadi buat kalian yang mendambakan dapur sederhana dan rapi, berikut 8 tips yang bisa kamu praktekkan setiap hari- harinya. Kania jamin, kamu bisa lebih bahagia melihat dapur sederhana dan rapi hasil perawatan kamu!

1. Wastafel Kosong, Gadget Dapur Bersih

Awali hari-hari di dapur sederhana dan rapi dengan memperhatikan beberapa fitur penting dapur, seperti wastafel, dishwasher, rak pengering piring, hingga gadget dapur lainnya yang berfungsi serupa.  Pastikan kalau benda-benda tersebut selalu bersih dan kosong di akhir hari. Dengan demikian, kamu pasti akan mendapati dapur sederhana dan bersih setiap pagi di keesokan harinya.

dapur sederhana dan rapi
fhosu.com

Dengan wastafel dan perkakas dapur dalam kondisi kosong, kamu juga akan dimudahkan saat ingin mulai memasak atau mencuci piring. Tidak ada lagi tumpukan piring-piring yang kotor atau merapikan piring. Alhasil, dapur sederhana dan rapi setiap saat plus ekstra fungsional.

2. Dapur Sederhana dan Rapi Itu Bersih-Bersih Sekali Jalan

Salah satu rahasia andalan setiap juru masak ternama adalah alur kerja yang efisien dan serba efektif, termasuk untuk kamu pemilik dapur sederhana dan rapi. Salah satunya adalah bersih-bersih di sela pekerjaan yang sedang berlangsung. Misalnya, acara memotong bawang selalu diakhiri dengan membuang kulit bawang yang sudah terkelupas atau juga selalu membersihkan percikan minyak dengan lap saat menggoreng masakan.

Dapur Sederhana dan Rapi Bersih2 Sekali Jalan
blueapron.com

Trik bersih-bersih sekali jalan ini bisa kamu kuasai jika kamu lebih mawas diri pada sisa kotoran setelah masak supaya ruang dapur sederhana dan rapi terus. Biasanya area- area yang bisa kamu bersihkan sambil bekerja adalah area bekerja untuk bahan mentah, wastafel dan kompor. Teman andalan kamu dalam menciptakan dapur sederhana dan bersih adalah sebuah lap tekstil dapur.

3. Cuci Wastafel Setelah Selesai

Dapur Sederhana Bersihdan Rapi Cuci Wastafelpinterest.com

Mau punya dapur sederhana dan rapi dengan wastafel yang kinclong dan wangi? Mudah sekali. Biasakan diri untuk selalu mencuci atau menyikat wastafel setelah selesai kamu gunakan untuk membuang minyak, kotoran ataupun setelah mencuci piring di dapur sederhana dan rapi milikmu.

Kamu harus punya perhatian ekstra untuk tetap mempertahankan kebersihannya. Caranya adalah dengan menggunakan sikat terpisah (bukan sikat piring) dan menggosok seluruh areal wastafel dengan sabun cuci piring yang ada.

Setelah dibilas, jangan lupa dilap bersih terutama di bagian pinggiran meja wastafel. Dijamin, dapur sederhana dan rapi bisa kamu dapatkan plus sebuah wastafel yang jauh dari endapan minyak, kotoran hitam, dan selalu wangi setiap saat!

4. Perawatan Rutin Untuk Perangkat Masak

Dapur Sederhana Bersih dan Rapi Perawatan Rutinpinterest.com

Jangan abaikan penghuni dapur sederhana dan rapi kamu. Jika kamu memperhatikan dengan seksama, pasti ada peralatan masak seperti kuali atau panci yang butuh digosok karena sudah hitam terbakar. Atau mungkin pegangan pot masak sudah longgar dan butuh dikencangkan dengan obeng?

dapur sederhana dan rapi
apartmenttherapy.com

Perangkat masak seperti panci, kuali atau pot masak juga butuh servis bulanan supaya terlihat tetap kilat dan berfungsi dengan sempurna.  Sama halnya dengan pisau dapur yang butuh diasah secara berkala dan tidak hanya pada kala dibutuhkan. Idealnya, dapur sederhana dan rapi kamu bisa berjalan semakin mulus dengan perawatan rutin minimal 1 kali dalam sebulan.

5. Bersihkan Dekorasi Dapur Lainnya

Dapur Sederhana Bersih dan Rapi Dekorasipinterest.com

Dapur sederhana dan rapi bisa semakin cantik dengan dekor dapur yang ada. Baik berupa papan pemotong yang digantung di bagian dinding hingga gantungan gelas yang duduk cantik diatas meja dapur.
Pernak- pernik kecil ini juga harus dibersihkan setiap hari karena melekat dengan minyak atau debu yang ada di daerah dapur. Jika dekorasi dapur ini berukuran cenderung besar dan murni dekoratif, kamu juga bisa meluangkan waktu sekurang- kurangnya 3 kali dalam seminggu untuk perawatan dapur sederhana dan rapi yang indah.

6. Senjata Bersih-Bersih Yang Ampuh

Dapur Sederhana Bersih dan Rapi Senjatabaconscouts.com

Dapur sederhana dan rapi diawali dengan perangkat bersih- bersih yang tepat. Siapkan diri dengan jenis- jenis sikat serta sapu dan pel yang tepat supaya dapur sederhana dan rapi bisa terlihat bersih setiap saat.

dapur sederhana dan rapi
youtube.com

Tetapi kamu juga harus jeli dalam memilih jenis- jenis alat bantu bersih-bersih yang tepat untuk dapur sederhana dan rapi. Tergantung dari kebutuhan kamu, biasanya ada beberapa sikat dan pembersih kimia yang cocok untuk digunakan sehari-hari.

Jangan lupa untuk simpan senjata ampuh kamu ini di sebuah kotak penyimpanan terpisah dan letakkan di bagian bawah atau rak wastafel, laci khusus ataupun dalam ember. Hal ini tentunya supaya dapur sederhana dan rapi kamu tetap terlihat adem tanpa ada benda- benda yang menggangu pemandangan ini.

7. Pastikan Permukaan Meja Bersih

Dapur-Sederhana-Bersih-danRapi-Permukaan-87817063-1506048916824.jpglocalhousecleaning.services

Permukaan  meja dapur yang bersih adalah kunci yang penting untuk penampilan dapur sederhana dan bersih. Selain rajin membersihkan dengan benar dan seksama, pastikan juga tidak banyak dekorasi tak penting di atas permukaan meja dapur kamu.

Permukaan Dapur Sederhana Bersih dan Rapi
DIYnetwork.com

Dapur sederhana dan rapi akan terasa lebih lenggang, luas dan adem dengan kondisi yang minimal pernak-pernik tak penting. Bersihkan permukaan dapur kamu sekarang juga dan rasakan hangatnya dapur sederhana dan rapi yang kamu miliki.

8. Keranjang Sampah Ukuran Besar

Dapur Sederhana Bersih dan Rapi Keranjang Sampahjogodearea.com

Pastikan dapur sederhana dan rapi kamu sudah dilengkapi dengan tempat sampah yang berukuran cukup besar untuk kegiatan harianmu. Dengan keranjang sampah yang tepat, maka kamu bisa menghemat plastik pelapis sebelum membuang sampah.

Kamu juga tidak perlu bolak-balik keluar rumah untuk mempertahankan dapur sederhana dan rapi jika keranjang sampah kamu sudah memadai untuk aktivitas seharian. Cari keranjang sampah yang sudah dilengkapi dengan penutup yang erat supaya bau tak sedap akan jauh dari dapur sederhana dan rapi milikmu.

sumber dekoruma.com

 

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bungkus Korek Api

tutorial cara membuat kerajinan tangan dari bungkus korek api, dan jika anda tau sebenarnya banyak sekali yang bisa anda kreasi kan dengan benda yang satu ini baik isi nya atau bungkus nya juga seperti yang saya buat sekarang yaitu membuat kerajinan tangan dari bungkus korek api, membuat kerajinan dari bungkus korek api itu sebenarnya juga kalau anda tau cara membuatnya sangat mudah sekali, kalau biasanya korek api di pakai sebagai alat untuk menyalakan api pada kali ini kita akan membuatnya menjadi sebuah kerajinan dengan membuatnya menjadi lemari laci mini, dan itu pun bisa kita gunakan sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda kecil seperti jarum, kancing-kancing dan lain sebagainya.
Dan inilah contoh gambar kerajinan tangan dari bungkus korek api.
Dan seperti yang saya tulis pada sebelumnya di atas, gambar di atas merupakan gambar contoh kerajinan tangan dari bungkus korek api yaitu membuat lemari laci mini.
Dan untuk bahan-bahan membuat kreasi kerajinan tangan dari bungkus korek api ini adalah seperti pada gambar di bawah.
Bahan-bahan yang di perlukan.

Kerajinan Tangan Dari Bungkus Korek Api.

Bahan-bahan-untuk-membuat-kerajinan-tangan-dari-bungkus-korek-api
Dan bahan-bahan untuk membuat kerajinan tangan dari bungkus korek api adalah ;
1. Kertas yang bercorak atau bisa juga menggunakan kertas yang bias di gunakan untuk membungkus kado + Kertas karton duplex.
2. Lem.
3. Bungkus korek api.
4. Gunting.
5. Manik-manik.
Dan jika semua bahan yang di perlukan sudah terkumpul semua maka anda pun tinggal mengikuti langkah-langkah cara membuatnya  yang ada pada gambar di bawah yang merupakan gambar kerajinan tangan dan cara membuatnya.
Dan inilah gambar langkah pertama cara membuat kerajinan dari bungkus korek api.

 

Langkah pertama.

Langkah-pertama-cara-membuat-kerajinan-tangan-dari-bungkus-korek-api
Pada langkah pertama cara membuat kerajinan tangan dari bungkus korek api ini adalah memotong  kertas duplex dengan ukuran 4 x 5,5cm 2 potong, 3,5 x 5,5cm 2 potong, dan 1,5 x 3,5 cm 2 potong dan juga 3,5 x 4cm 1 potong, selanjutnya tempel kan ke2 bungkus korek api menggunakan lem lalu tempel kan juga pada kertas duplex dan untuk bagian pinggir menggunakan kertas yang ukuran 3,5 x 5,5cm,untuk bagian belakang menggunakan kertas yang ukuran 3,5 x 4 cm, bagian atas dan bawah 4x 5,5 cm, dan yang 1,5 x 3,5 cm itu di tempel kan pada bagian depan bungkus korek api bagian dalam seperti pada gambar no3 dan gambar no4 yang sudah di tempel kan semua.
Dan selanjutnya adalah tahap ke2 cara membuat kreasi kerajinan tangan dari bungkus korek api.
Langkah ke2.
Langkah-ke2-cara-membuat-kerajinan-tangan-dari-korek-api
Kemudian untuk langkah selanjutnya cara membuat kerajinan tangan dari kertas ini adalah memberi lem pada seluruh permukaan kertas atau korek api yang sudah di bungkus dengan kertas duplex seperti pada gambar di atas kemudian tempel kan kertas corak dan juga manik-manik pada bagian depan dengan rapih seperti pada gambar di atas .
Dan inilah gambar apabila semuanya sudah selesai anda buat.
Gambar hasil akhir membuat kerajinan tangan dari bahan bungkus korek api.
Hasil-akhir-membuat-kerajinan-tangan-dari-bungkus-korek
Dan seperti yang sudah anda lihat pada gambar sebelumnya yang saya post di atas seperti inilah gambar atau hasil kerajinan tangan dari bungkus korek api yang tadi saya jelaskan pada artikel di atas, dan kalau menurut saya kerajinan tangan yang seperti ini adalah kerajinan tangan yang sangat bermanfaat karena selain memanfaatkan barang bekas atau bisa beli juga harganya tidak seberapa kerajinan tangan seperti ini juga bisa bermanfaat untuk menyimpan barang-barang kecil seperti jarum-jarum, kancing, dan masih banyak manfaat atau kegunaan dari kerajinan tangan yang satu ini, dan semoga semuanya bermanfaat bagi anda sekalian, terimakasih juga tidak pernah saya lupa untuk anda sekalian yang masih tetap setia berkunjung ke blog saya yang sederhana ini, Selamat mencoba.
sumber anakkreatif1.blogspot.id

Cara Membuat Rak Make Up dari Kardus

Dibawah ini adalah Tutorial Cara Membuat Rak Make Up (Make Up Organizer) Dari Kardus yang mungkin bisa menginspirasi anda dalam mendesain dan mendekorasi rumah anda.

Bahan:
Beberapa kotak bekas apapun berbagai ukuran
Kotak sepatu ukuran kecil (jangan yang kecil banget yaa)
Tutup kotak sepatu berukuran besar untuk alasnya
Kertas kado
Gunting
Double tape
Lakban bening (jangan yg ukuran besar yaa)

Tutorial Cara Membuat Make Up Organizer Dari Kertas Bekas

Bagian laci

1 dan 2.siapkan kotak sepatu dan tutup kotak sepatu yg lebih besar.ukur untuk berapa cm tambahannya
3.potong karton untuk menambal sisanya agar ukurannya pas di alasnya.(bisa pakai tutup kotak sepatu yg ukurannya kecil)
4.potong karton lalu tempelkan di tengah2 (sebelumnya ukur dlu agar pas di tengah untuk lacinya nanti.misal tinggi laci nanti masing2 7 cm.tempelkan karton ini ditengah2nya)
5.Tempelkan juga karton untuk bagian atas lacinya yang nanti berfungsi untuk wadah juga
6.bagian laci selesai

Bagian 1

Bagian 1

Membuat laci

1.potong2 karton menjadi berbentuk persegi panjang,diukur dulu sebelumnya dan di tes buka tutup laci ini sehingga mudah dibuka tutup nantinya
2.lapisi dengan kertas kado
3.lapisi juga semua bagian laci dengan kertas kado
4.semua bagian laci selesai

Bagian 2

Bagian 2

 

Membuat tempat lipstick/lipmatte

1.potong kotak teh atau kotak apapun yang penting pas ukurannya,potong menyerong di bagian depan seperti contoh di gambar
2.potong karton seperti pada contoh di gambar,dan belah di tengahnya seperti contoh.buat sesuai selera atau sebanyaknya lipstik yang dipunya,bisa 6 atau 7 buah
3.potong karton tingginya kira2 3 cm dan panjangnya sesuai dengan kotak teh lalu selipkan potongan karton yang sudah dibuat tadi sebagai pembatas antar lipstik
4.lapisi semua dengan kertas kado

Bagian 3

Bagian 3

 

Membuat alas make upnya

1.ambil tutup kotak sepatu yang berukuran besar
2.potong dibagian depannya seperti di gambar
3.lapisi dengan kertas kado

Bagian 4

Bagian 4

 

Done ♡ bagian yang lain sama stepnya lihat di contoh gambar aja yaa.tinggal potong dan satukan karton sesuai selera seberapa tingginya lalu lapisi kertas kado. Susun semua bagian make up organizer tersebut di atas alasnya dan selesai deh.make up jadi rapi sekaligus mengurangi sampah. Tutorial by :@jasminealkaff

Cara Membuat Make Up Organizer Dari Kardus

“Make Up Organizer ” semua Dari kardus.. Tapi aku pilih kardusnya yang agak tebal supaya Kokoh. Untuk Lem menggunakan Lem fox mix sama Lem Korea.

Cara Membuat Make Up Organizer Dari Kardus

Cara Membuat Make Up Organizer Dari Kardus

1. Potong kardus dengan alas 25cmx20 cm. tinggi bagian belakang 15 cm. bagian samping dibuat Segitiga untuk mempermanis bentuknya.
2. Buat sekat2 dibagian belakang seperti pict no.2
3. Buat lagi sekat dengan tinggi yang sama dengan bagian belakang.
4. Buat lagi sekat untuk bagian depan. Sisakan space dipaling bawah untuk laci.
5. Buat Penutup sekat seperti pict no.5
6. Buat laci sesuai ukuran space dipaling bawah.
7. Supaya rapi tutup bekas potongan kardus dengan karton seperti pict no. 8
8. Rapikan
9. Cat dengan cat semprot warna sesuai selera.

Tutorial dan gambar by : @elyza_momelrayTutorial Cara Membuat Rak Make Up Organizer Kosmetik Dari Kardus Beserta Gambar

Tutorial Cara Membuat Rak Make Up Organizer Kosmetik Dari Kardus Beserta Gambar

Nah itulah informasi terbaru dan terlengkap mengenai Tutorial Cara Membuat Rak Make Up (Make Up Organizer) Dari Kardusyang banyak disenangi dan diterapkan di Indonesia.. Terima kasih.
sumber https://dekorrumah.net/tutorial-cara-membuat-make-up-organizer-dari-kertas-bekas.html

Begini Cara Membuat si Kecil Makin Pintar Melalui Permainan

Pilih Permainan Edukasi yang Tepat


source: https://shimajiro.id/

Moms, tahukah kamu jika 5 tahun pertama adalah masa emas bagi pertumbuhan anak? Di usia ini, sebaiknya kecerdasan anak dirangsang dengan permainan edukasi yang memang khusus dipersiapkan untuk membantu tumbuh kembang anak. Tapi Moms tidak boleh sembarangan memilih permainan edukasi. Pastikan permainan edukasi yang Moms pilih sesuai dengan perkembangan dan usia anak.

Kodomo Challenge dari Benesse merupakan program edukasi yang bisa Moms pilih untuk menemani hari-hari ceria bersama si kecil. Program edukasi Kodomo Challenge ini sudah melalui proses riset dan diawasi oleh psikolog. Bahkan kurikulumnya juga sudah disesuaikan dengan keadaan dan budaya di Indonesia. Moms bisa merasakan serunya menikmati quality time bersama si kecil dengan Program Edukasi Kodomo Challenge,

Suasana Bermain yang Menyenangkan


source: https://shimajiro.id/

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi jika anak-anak sangat mudah bosan. Bahkan saat bermain pun, seringkali si kecil mudah terdistraksi dengan hal lain. Karena itu, Moms harus bisa membuat suasana bermain jadi lebih menyenangkan.

Moms bisa memainkan musik kesukaan si kecil atau mengajaknya menonton video edukasi sambil menari bersama. Bahkan Moms bisa lho memanfaatkan waktu bermain untuk mengajarkan anak melakukan kebiasaan baik seperti sikat gigi. Dengan cara ini, si kecil akan lebih betah menghabiskan waktunya untuk bermain sekaligus belajar.

  • 3 Mainan Sensori Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Lho, Moms!


source: https://shimajiro.id/

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang pintar dan tidak takut mencoba hal-hal baru. Untuk merangsang hal ini, Moms bisa mendorong si kecil agar tidak ragu mengeksplorasi lingkungannya.

Saat bermain boneka karakter binatang misalnya, Moms bisa juga mengajak si kecil untuk bermain di taman sambil bermain peran. Moms juga bisa mendorong si kecil untuk menirukan suara masing-masing binatang agar si kecil bisa menjadi lebih kreatif.

Nah itu dia Moms beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat si kecil lebih pintar melalui permainan. Komodo Challenge dari Benesse merupakan pilihan program edukasi yang tepat untuk si kecil karena bukan hanya sesuai dengan perkembangan dan usia anak, tapi juga bisa membuat suasana bermain jadi menyenangkan dan bisa mendukung Moms untuk mendorong si kecil bereksplorasi.

sumber momyesia.id

8 Ide Kerajinan Tangan Dari Kancing Baju

8 Ide Kerajinan Tangan Dari Kancing Baju – Ada banyak sekali jenis kerajinan tangan berwujud souvenir. Dengan luasnya probabilitas eksplorasi bahan dasar pembuat kerajinan tersebut mulai dari kain perca hingga ranting pohon, dan kini kita akan coba mengulas ide kerajinan tangan dari kancing baju. Pemanfaatan lukisan kancing baju sebagai bahan kerajinan tangan tentunya adalah sesuatu yang bisa dibilang mudah anda buat dirumah, karena mudahnya bahan baku tersebut di dapat.

Dengan biaya yang cukup murah anda bisa membuat berbagai kerajinan menarik dengan menggunakan kreasi kancing lucu sebagai bahan dasarnya.

Jika anda memiliki banyak stok kancing baju yang tak terpakai dirumah, maka adalah hal yang bagus untuk anda mulai membuat kerajinan dari kancing baju anda yang pertama. Dan berikut adalah 8 ide kerajinan tangan dari cara membuat hiasan dinding dari kancing baju yang bisa anda kerjakan untuk memanfaatkan waktu luang anda menjadi sesuatu yang berharga.

Jam dinding

kerajinan dari kancing baju jam dinding dari kancing warna warni[/caption]
Baik untuk anda sendiri ataupun untuk anda jadikan hadiah, tidak akan ada yang bisa menolak betapa imutnya kerajinan tangan berbentuk jam dinding lucu dari kancing baju ini. Dan hal yang paling bagus dari kerajinan ini adalah anda hanya harus memastikan anda memiliki 12 kancing baju di rumah utnuk mulai membuatnya.

Monogram

kerajinan dari kancing baju Monogram yang cantik[/caption]

Anda dapat membuat kreasi kancing klucu dari monogram dengan bingkai yang tak kalah cantik sebagai dekorasi rumah anda dan memberi semangat di setiap ruangan.

Hiasan kartu ucapan

kerajinan dari kancing baju best wishes from the button of my heart[/caption]
Jika anda tidak dapat menemukan kartu ucapan ulang tahun yang paling menarik untuk keponakan anda, mengapa tidak mencoba membuat kartu ucapan berhiaskan kancing baju warna warni seperti ini?

Aksesoris dari untaian kancing baju

kerajinan dari kancing bajukalung hippies dari kancing baju[/caption]
Kalung atau gelang dari kancing baju adalah mudah untuk dibuat, murah dan selalu menjanjikan hasil yang menarik. Saatnya mulai memilih dan memadukan benang dengan berbagai warna dan ukurankancing baju.

Buket bunga untuk si kecil

kerajinan dari kancing bajubunga yang selalu mekar[/caption]
Buket bunga anda biasanya hanya akan bertahan selama beberapa hari, maka buket bunga yang pasti akan disukai si kecil ini akan bertahan tetap cantik selama bertahun tahun.

Modifikasi hiasan meja

kerajinan dari kancing baju saatnya memberi tampilan baru[/caption]

Jika diatas meja anda ada bingkai foto dan vas bunga yang telah lama menemani anda, maka sekarang adalah saatnya menyuntikan hidup baru bagi mereka dengan menghiasnya menggunakan kancing baju.

Hiasan jepit rambut

kerajinan dari kancing baju kini anda tidak ragu lagi mengenakan jepit rambut[/caption]

Jepit rambut anda mungkin tak akan lagi terlihat biasa biasa saja didepan rekan anda dengan sedikit sentuhan kancing baju dan lem seperti ini.

Kap lampu

kerajinan dari kancing baju kap lampu ini akan memberi suasana berbeda di ruang tamu anda[/caption]

Ketika anda mengharapkan sesuatu dan suasana yang lain dari ruangan anda, maka hiasi kap lampu anda dengan kancing baju seperti ini untuk menghasilkan kesan yang lebih ceria.

sumber rumahkreatif.id

 

32 Contoh Mainan dari Botol Bekas yang Menarik

Daur ulang botol plastik jadi mainan anak mungkin masih jarang dilakukan oleh sebagian orang. Namun tahukah Anda bahwa dengan botol plastik bekas atau botol plastik yang tidak terpakai bisa disulap menjadi berbagai macam jenis mainan untuk anak?

Botol plastik bekas adalah limbah anorganik yang susah terurai jika dibuang. Hal yang paling bijak yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kembali botol plastik bekas tersebut atau menyulapnya menjadi produk baru yang memiliki nilai guna. Selain memanfaatkan botol plastik sebagai produk baru yang bermanfaat untuk keperluan rumah tangga, botol plastik bekas juga bisa dijadikan sebagai mainan untuk bayi dan anak. Bagaimana caranya? Sangat mudah dan simple. Berikut ini ada 32 ide daur ulang plastik menjadi mainan anak yang bisa Anda terapkan dan ikuti. Mainan tersebut berupa mobil, boneka, dan lain-lain.

 

1. Robot-robotan
Memanfaatkan botol plastik warna hijau dengan mengubahnya menjadi mainan anak berupa robot cukup unik bukan? Anda bisa merangkai botol plastik tersebut seperti gambar di bawah ini. Kombinasikan dengan tutup botolnya pula.

2. Mainan dari tutup botol untuk daya ingat anak
Tutup botol yang berwarna tentu bisa dijadikan mainan yang memiliki nilai positif pada anak. Anda bisa mengumpulkan beberapa tutup botol dengan warna yang berbeda atau ukuran yang berbeda. Lalu buatlah mainan seperti celengan dan berikan warna seperti gambar di bawah ini. Cara kerja mainan ini yakni dengan memasukkan tutup botol sesuai dengan lubang yang tersedia. Gunanya adalah untuk mengasah daya pikir dan ingat pada anak.
mainan dari tutup botol plastik untuk daya ingat anak - IDEPROPERTI.COM

 

3. Game Papan Catur
Membuat bidak catur dari tutup botol juga merupakan ide yang bagus. Anda bisa membuat permainan dengan papan catur.
ide kreatif mainan untuk anak dari tutup botol - IDEPROPERTI.COM

4. Bubble gum, gelembung tiup
Botol plastik bekas pada bagian bawahnya dilubangi kecil-kecil lalu bisa dibuat seperti alat peniup untuk mainan gelembung tiup.
mainan anak bubble tiup dari botol bekas - IDEPROPERTI.COM

 

5. Rumah-rumahan untuk boneka
Botol plastik juga bisa dijadikan rumah-rumahan lucu. Anda hanya perlu mengguntingnya untuk bagian pintu dan jendela, lalu beri warna.
rumah barbie dari botol plastik bekas - IDEPROPERTI.COM

 

6. Mainan ular dari tutup botol
Kumpulkan tutup botol lalu rangkai menjadi seperti ular yang meliuk-liuk. Buatlah mainan ular dari tutup botol yang memiliki warna berbeda-beda. Hasilnya seperti gambar berikut
mainan ular dari tutup botol - IDEPROPERTI.COM

 

7. Anak ayam
Anak ayam seperti gambar di bawah ini lucu bukan? Cara membuatnya sangat mudah. Yakni hanya dengan menggunakan satu tutup botol plastik saja. Lalu kreasikan sendiri dengan menempelkan bulu warna kuning dan mata serta paruh.
mainan anak ayam dari tutup botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

8. Boneka kepik/kumbang koksi
Memotong bagian bawah botol yang memiliki lekukan. Lalu warnai dan buatlah menjadi seperti kepik.
boneka kumbang dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

9. Hiasan dari tutup botol
Kreasikan tutup botol menjadi apapun yang disukai anak. Tutup-tutup botol tersebut bisa dirangkai menjadi bunga, ikan-ikan, anak ayam, dan lain sebagainya.
ide unik dari tutup botol boneka lusu - IDEPROPERTI.COM

 

10. Sekop/ serok pasir
Anak kecil biasa bermain pasir? Anda bisa mendaur ulang botol plastik bekas menjadi sekop.
serok pasir untuk mainan anak - IDEPROPERTI.COM

 

11. Boneka sumo
Potonglah sua bagian botol plastik. Lalu gabungkan kembali sehingga menjadi botol yang berukuran mini. Lalu lukislah botol mini tersebut hingga membentuk seperti pe-sumo. Dan jadilah bonek sumo yang lucu.
boneka sumo botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

12. Bunga mainan
Botol plastik bekas juga bisa dibuat menjadi mainan bunga. Anak bisa membuat bunga mainannya sendiri sesuka hati. Mereka akan terpacu untuk membuat mainan bunga sesuai selera mereka.
bunga mainan dari botol plastik bekas - IDEPROPERTI.COM

 

13. Mainan es kelapa
Membuat minuman es kelapa yang ada payungnya juga merupakan mainan yang unik.
mainan es kelapa dengan payungnya - IDEPROPERTI.COM

 

14. Boneka burung hantu
Sama seperti cara membuat boneka lainnya, boneka burung hantu ini caranya pun simple. Potong botol menjadi dua bagian lalu satukan kembali menjadi botol yang lebih kecil dan lukis menyerupai burung hantu.
burung hantu dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

15. Boneka Angsa
Boneka angsa yang tampak real juga bisa dibuat dari botol plastik. Caranya seperti gambar di bawah ini
angsa dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

16. Gelang cantik
Membuat gelang untuk anak wanita bisa juga dibuat dari limbah plastik seperti botol. Caranya sangat mudah. Hanya perlu menggunting bagian tengah botol, lalu melapisinya dengan kain.
gelang lucu dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

17. Botol buket/mainan bayi
Mainan ecrek-ecrek untuk bayi atau botol buket juga bisa dibuat dari botol plastik bekas.
botol buket mainan bayi dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

18. Boneka babi
Membuat boneka babi juga mudah. Pilihlah botol yang memiliki gagang lalu tinggal kreasikan menjadi bentuk babi. Contohnya seperti gambar di bawah.
boneka babi dari botol bekas - IDEPROPERTI.COM

 

19. Mainan helikopter
Membuat mainan helikopter dari botol plastik cukup mudah. Gunakan botol plastik kecil, bola pingpong, dan sedotan plastik. Lalu kresikan seperti gambar di bawah ini.
MAINAN HELIKOPTR DARI BOTOL plastik bekas - IDEPROPERTI.COM

 

20. Mainan prahu layar
Saat anak sedang mandi biasanya mereka akan mandi sambil bermain kapal-kapalan. Anda bisa membuat perahu layar dari botol plastik.
mainan perahu layar dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

21. Mainan bayi lucu
Menggunakan botol plastik lalu mengisinya dengan pernak-pernik dan air.
mainan bayi dari botol plastik lucu - IDEPROPERTI.COM

 

22. Robot dari tutup botol
Kumpulkan beberapa tutup botol lalur angkai menjadi robot.
robot-robotan dari tutup botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

23. Mainan anak tarik menarik
Bisa pula dijadikan mainan yang lebih seru misalnya seperti gambar di bawah ini
mainan anak dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

24. Roket-roketan
Dua botol plastik ukuran besar, lalu cat dengan pilok dan berikan efek api dengan memasukkan kain ke dalam lubang botol. Berikan jaket, dan jadilah mainan roket untuk anak
ide mainan roket untuk anak dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

25. Roket botol yang bisa meluncur
Membuat roket yang benar-benar meluncur ke atas dengan botol plastik juga bisa. Caranya adalah dengan menggunakan metode tekanan. Botol plastik yang memiliki ukuran besar lallu buatlahh menjadi mirip roket. Lalu isikan air, dan salurkan dengan pompa. Selengkapnya bisa search tutorial membuat roket tersebut di internet.
roket botol - IDEPROPERTI.COM

 

26. Mobil-mobilan
Ide mainan mobil dari bahan botol plastik bekas sudah sering terdengar. Caranyapun sangat mudah. Yakni tinggal memberikan empat roda dengan tutup botol. Lalu beri beberapa pernak-pernik. Mudah sekali
mainan anak mobil-mobilan dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

27. Bowling
Pernah bermain bowling? Kali ini gantilah pin bowling menjadi sebuah botol plastik. Bolanya pun bisa diganti pula menjadi bola plastik. Mudah bukan?
mainan bowling dari botol plastik- IDEPROPERTI.COM

 

28. Mainan perahu sederhana
Saat hujan turun dan genangan air di halaman rumah yang mengalir deras bisa dimanfaatkan. Buatlah mainan perahu sederhana dari botol plastik bekas. Contoh hasil jadinya seperti gambar di bawah ini.
mainan perahu sederhana dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

29. Boneka hiu
Potong botol plastik menjadi dua. Lalu ambil bagian atas, dan bentuk pola seperti gigi hiu ,dan cat atau lukis menjadi hiu. Hasilnya pasti keren.
hiu mainan anak dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

30. Boneka kura-kura
Sama seperti membuat boneka kepik, cara membuat boneka kura-kura juga mudah. Potong botol plastik dan ambil bagian bawah lalu bentuk menjadi seperti kura-kura. Isi dalamnya dengan pernak-pernik apa saja.
kura-kura dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

 

31. Mainan pesawat
Membuat pesawat terbang mainan juga mudah sekali. Tinggal mengkreasikan botol dan bentuk menjadi pesawat terbang.
mainan pesawat dari botol plastik bekas

 

32. Mainan anak kincir angin
Membuat mainan anak kincir angin juga mudah. Meskipun sederhana namun yang jelas menggunakan bahan dari botol plastik bekas tentu lebih menghemat biaya.
mainan nak kincir angin dari botol plastik - IDEPROPERTI.COM

Nah, itu dia 32 ide mainan anak dari botol plastik bekas. Ide daur ulang botol plastik menjadi mainan anak tentu sangat banyak dan semuanya adalah hasil kreatifitas masing-masing. Anda bisa menciptakan ide Anda sendiri dan bahkan Anda bisa mengajak anak-anak untuk ikut berkreatifitas. Botol plastik yang seharusnya menjadi limbah yang sulit teruraikan bisa dimanfaatkan kembali atau reuse menjadi produk yang lebih berguna.

sumber ideproperti.com

Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Membuat kerjinan tangan dari kain.Setelah sebelumnya kita berbicara tentang kerajinan tangan dari flanel, selanjutnya kali ini kita akan mengulas kerajinan tangan dari kain perca. Kain perca adalah jenis kain dari sisa pembuatan pakaian yang berupa potongan-potongan kain kecil yang biasanya dibuang oleh pemiliknya setelah selesai membuat pakaian. Bisa dikatakan kreasi kain perca adalah seni gambungan dari seni tradisional yang terwujud dalm proses pembuatannya, dan seni modern yang bisa kita lihat dari model-model atau motif-motifnya.

Kain perca sekilas tampak tidak dibutuhkan lagi dan tidak berguna. Namun hal itu tidak belaku bagi para pengrajin kain perca yang mampu memanfaatkan kain-kain sisa tersebut untuk membuat produk-produk yang berkualitas. Hasil kerajinan dari kain perca tidak hanya memiliki nilai jual saja, keistimewaan dari kreasi kain perca memang juga memiliki keunikan tersendiri. Beberapa kerajinan tangan dari kain perca biasanya berupa sarung bantal, bed cover, penutup galon air mineral, tas dan lain-lain. Penampilan dari kreasi kain perca sendiri tentu berbeda dari produk dengan memakai kain biasa (utuh).

Kecantikan produk dari kain perca bisa timbul dari paduan warna , motif serta modifikasi lainnya sesuai kreatifitas sang pengrajin. Kerajinan tangan dari kain perca biasanya digeluti dalam produksi rumah tangga yang terdiri dari orang-orang kreatif yang mempunyai jiwa seni yang tinggi. Namun tidak jarang sekarang sudah banyak individu yang hanya sekedar ingin mencoba membuat kreasi kain perca untuk keperluan pribadi. Kerajinan tangan dari kain perca layak untuk terus dikembangkan sebagai pilar usaha dalam dunia kreatif. Tak sedikit anak sekolah di bebeerapa daerah terkadang mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat kreasi kain perca. Suatu kontribusi dari dunia pendidikan di negara kita dalam menumbuhkan jiwa kreatif siswa yang perlu kita hargai.

Cara membuat kerajinan dari kain perca sendiri tidak sulit seperti yang kita bayangkan, bahkan, bagi orang awam pun bisa membuat kreasi kain perca yang sederhana. Dalam pembuatannya, kerajinan kain perca dapat dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan dijahit tangan, dan bisa juga menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa mencoba membuat kreasi kain perca di rumah dengan memanfaatkan kain-kain sisa yang sudah tidak terpakai lagi agar waktu senggan Anda di rumah lebih bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia.

Sebelum Anda mencoba membuat kerajinan tangan dari kain perca, ada baiknya Anda memahami beberapa teknik dalam penjahitan kain perca yang akan Saya coba uraikan berikut ini.
Teknik-Teknik Menjahit Kain Perca:

– Patchwork
Teknik menjahit kain perca patchwork merupakan cara menjahit dalam menggabungkan kain-kain perca mengikuti alur atau pola potongan-potongan kain itu sendiri.

– Applique
Teknik Applique ialah teknik membentuk aneka motif dari kain perca yang selanjutnya ditempelkan pada satu helai atau lebih kain untuh sebagai lapisan dasarnya.

– Quilting
Teknik yang satu ini hanya sebagai penyempurnaan saja dimana dalam teknik quilting kita menambahkan busa sebagai lapisan tambahan agar kerajinan tangan dari kain lebih tebal dan kuat.

Setelah Anda mendapat sedikit pengatahuan tentang kain perca dan teknik membuatnya, sekarang Anda sudah siap untuk menjajalnya. Kualitas hasil selanjutnya tergantung seberapa tinggi kreatifitas Anda. Dasi mulai membentuk bentuk dan motif hingga kerapihan pada jahitan. Kerajinan kain perca yang memiliki nilai jual tinggi biasanya berupa tas, boneka dan sebagainya.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Perca:

kerajinan tangan dari kain perca
kerajinan tangan dari kain perca – tas kain perca handmade
kerajinan tangan dari kain perca
kerajinan tangan dari kain perca – bros kain perca handmade
kerajinan tangan dari kain perca
kerajinan tangan dari kain perca – membuat boneka dari kain perca
kerajinan tangan dari kain perca
kerajinan tangan dari kain perca – membuat bunga dari kain perca

Image sources:
artenergic.blogspot.com,moslemsoftdoll.wordpress.com,kerajinantanganmu.blogspot.com,

Bagaimana menurut Anda beberapa contoh kerajinan tangan dari kain perca diatas? Wonderful kan? Sampai disini dulu pembahasan kita untuk kerajinan tangan dari kain perca.

SHARE ON Twitter Facebook Google+

Cara Mudah Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Barang bekas sering berserakan di rumah? Jangan khawatir dan jangan pusing. Karena barang-barang bekas ini bisa kamu manfaatkan sebagai kerajinan tangan. Tidak hanya membantu kamu dalam membereskan barang bekas tersebut, namun juga bisa memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari kamu loh.

So, tunggu apa lagi. Segera jadikan barang-barang bekas yang menumpuk di rumah menjadi kerajinan tangan. Sebagai bahan referensi kamu, berikut kami sajikan cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Pot Bunga

kerajinan-tangan-dari-botol-bekas
blog.melindacare.com

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Botol plastik bekas
  • Pisau
  • Hiasan untuk mata
  • Pupuk/tanah untuk menanam
  • Tanaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Pot Bunga

  1. Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan
  2. Setelah semua sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah memotong botol plasting dengan pisau.
  3. Ukurannya dikira-kira saja atau lihat pada gambar.
  4. Beri sedikit hiasan sesuai keinginan. Jika ingin sesuai contohnya, tempelkan saja tutup botolnya sebagai mulut dan tambahkan mata boneka, lalu tempel.
  5. Jangan lupa untuk melubangi bagian bawah botol agar air tidak mengendap di dalam botol.
  6. Masukkan botol pupuk dan tanah ke dalam botol.
  7. Masukkan bibit tanaman yang ingin di tanam.

Kerajinan Tangan dari Botol Berbentuk Sapu

sapu-dari-botol-plastik-bekas
solutionis.me

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Botol bekas
  • Gunting/pisau
  • Kawat/tali
  • Kayu

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Berbentuk Sapu

  1. Kumpulkan terlebih dahulu bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
  2. Setelah terkumpul, potong botol menjadi dua sesuai dengan contoh di atas.
  3. Jika ingin sapu kuat, sediakan dua botol bekas.
  4. Setelah dipotong menjadi dua, potong lagi seperti sapu.
  5. Gabungkan botol agar lebih kuat.
  6. Tambahkan kayu untuk pegangannya.
  7. Ikat kayu dan botolnya menggunakan kawat atau tali. Alangkah baiknya menggunakan kawat saja biar lebih kuat dan awet.
  8. Sapu dari botol bekas siap untuk digunakan.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Lampu Hias

lampu-hias-dari-botol-plastik-dan-sendok-plastik
aksaraalam.com
lampu nanas 1
keripik.co.id

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Botol bekas
  • Sendok plastik
  • Lampu lengkap
  • Pisau
  • Obeng
  • Lem
  • Cat
  • Tiang untuk tempat berdirinya lampu

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Berbentuk Lampu Hias

  1. Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
  2. Langkah Selanjutnya, potong botol plastik sesuai dengan gambar di atas.
  3. Potong-potong sendok plastik sesuai pada gambar.
  4. Satukan botol dengan sendok agar terlihat indah menggunakan lem.
  5. Cat sendok yang sudah ditempelkan.
  6. Potong-potong botol membentuk seperti daun nanas seperti gambar di atas, lalu dicat.
  7. Pasang lampunya dan tiang untuk berdiri.
  8. Lampu hias dari botol bekas siap untuk digunakan.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Gelas

kerajinan tangan - pot bunga hias dari botol plastik bekas
denys-fajar.blogspot.com

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Botol bekas
  • Pisau untuk memotong botol
  • CD kepingan
  • Lem/solasi

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Gelas

  1. Kumpulkan terlebih dahulu bahan dan peralatan yang dibutuhkan
  2. Potong botol bekas sesuai pada gambar (memotongnya berombak).
  3. Gabungkan CD kepingan dengan botol bagian tutupnya dengan lem atau solasi.
  4. Gelas dari botol bekas siap untuk digunakan.

sumber duniaq.com

Kerajinan dari Botol Bekas

Botol bekas air mineral atau minuman cola sangat mudah untuk kita temukan. Sampah jenis botol bekas merupakan salah satu sampah yang paling banyak dijumpai. Oleh sebab itu, tidak akan sulit untuk mencarinya. Daripada botol-botol bekas ini dibuang begitu saja, lebih baik dijadikan beberapa kerajinan tangan yang bermanfaat. Botol-botol bekas air mineral atau minuman cola bisa dimanfaatkan untuk membuat beberapa jenis kerajinan tangan.

1. Pot Bunga

Pot BungaUntuk membuat pot bunga cantik dari botol bekas, caranya cukup sederhana. Botol bekas air mineral atau botol bekas cola tinggal dipotong menjadi dua.

Untuk ukuran besar kecilnya bisa menyesuaikan selera. Selanjutnya, botol yang sudah dipotong tadi tinggal diisi dengan tanah dan tanaman.

Bila ingin semakin cantik, bagian luar botol bisa digambar atau dicat sesuai dengan keinginan dan kreatifitas. Di bagian bawah botol jangan lupa untuk diberi lubang sebagai tempat keluar air bila tanaman di pot tengah disiram.

2. Penutup lampu hias

Penutup lampu hiasUntuk membuat penutup lampu hias dari botol, diperlukan bahan lain yakni sendok bekas. Cara membuatnya, botol bekas yang sudah disiapkan dipotong bagian ujungnya yang kecil.

Kemudian, sendok plastik bekas dipotong dan dipisahkan dari gagangnya. Ujung sendok kemudian ditempelkan dengan menggunakan lem pada potongan botol bekas satu persatu hingga keseluruhan botol bekas tertutupi oleh potongan sendok. Selanjutnya tinggal memberikan hiasan tambahan untuk lebih mempercantik.

3. Tempat Menyimpan ATK

Tempat Menyimpan ATKCara membuatnya cukup sederhana karena hampir sama seperti cara membuat pot bunga dari botol bekas.

Botol yang sudah ada tinggal dipotong menjadi dua, lalu kemudian botol yang bagian bawah bisa dicat atau diwarna untuk mempercantik tampilan, dan kemudian sudah bisa digunakan sebagai wadah untuk menyimpan bolpoin atau ATK.

4. Celengan

CelenganCara membuatnya cukup sederhana, pertama-tama potong celengan menjadi dua, lalu gabungkan kembali. Selanjutnya buat lubang pada badan botol sebagai tempat untuk memasukkan uang. Warnai botol dengan menggunakan cat, lalu

Kerajinan dari Kaleng Bekas

Kaleng bekas susu atau bekas buah kalengan, atau sampah kaleng lainnya ternyata bisa dimanfaatkan juga untuk dijadikan beberapa bentuk hiasan atau barang daur guna. Daripada dibuang ke tong sampah, lebih baik diolah agar memiliki faedah. Sampah jenis kaleng ini bisa dibuat menjadi beberapa bentuk kerajinan.

5. Wadah Perabot Memasak

Wadah Perabot MemasakUntuk membuatnya, kaleng bekas tinggal di lubang pada bagian salah satu sisinya sebagai tempat untuk menyimpan perabot. Bagian luar kaleng bisa dicat, digambar atau diberi sentuhan tambahan agar terlihat unik dan elegan. Selanjutnya kaleng bekas tinggal dipaku pada papan kayu agar bisa disimpan di dinding.

6. Wadah Lampu

Wadah LampuCara membuatnya cukup sederhana. Kaleng bekas dilubangi pada kedua sisinya sebagai tempat masuknya lampu.

Selanjutnya pada bagian sisi kaleng tinggal dibuat pola dengan menggunakan lubang. Untuk melubangi bisa menggunakan paku atau alat bor.

Bentuk pola atau gambar bisa bebas sesuai dengan keinginan dan kreatifitas. Setelah itu kaleng tinggal dicat atau diwarna saja.

7. Tempat Tissu

Tempat TissuUntuk membuat wadah tissu, diperlukan kaleng bekas susu dengan ukuran yang besar. Cara membuatnya, pada bagian tutup kaleng dibuat lubang bulat sebagai tempat untuk keluarnya tissu.

Kaleng tinggal dicat dan diwarna agar lebih menarik. Pastikan ukuran tissu yang ingin dimasukkan sesuai dengan ukuran besar kaleng yang digunakan

Sangat cocok untuk anda yang suka dengan keunikan keunikan yang bisa di jadikan pajangan dan juga bisa di jadikan manfaat untuk tempat tisu. Jika membeli tempat tisu dengan harga yang mahal maka anda yang ingin menghemat uang bisa melakukan cara ini di rumah dengan cara sederhana anda bisa mendapatkan tempat yang memiliki manfaat. Hal ini juga bisa anda jadikan sebagai bisnis rumahan anda.

Kerajinan dari Koran Bekas 

Bagi yang berlangganan koran, tentu sampah koran bisa menjadi masalah. Biasanya agar tidak membuat gudang penuh,koran bekas biasa dijual kembali. Namun, tidak ada salahnya mencoba berkreasi dengan bahan bekas dari koran. Contohnya :

8. Wadah Tissu

Wadah tissuKoran bekas memiliki karakter yang tipis. Untuk itu, bila ingin membuat wadah tissu dari koran bekas, pertama-tama lembaran koran yang ada dipilin dan digulung hingga seukuran sedotan atau seukuran batang rokok. Bila lebih besar pun juga tidak mengapa.

Pada ujung gulungan bisa dilem agar gulungan koran tidak kembali membuka. Selanjutnya gulungan koran tadi bisa dipotong-potong sesuai kebutuhan ukuran, lalu kemudian ditata dan dilekatkan dengan menggunakan lem sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Alasi dengan menggunakan kain bekas atau kertas kado agar wadah tissu semakin cantik.

Hampir sama dengan tempat tisu yang di atas nya akan tetapi ini berbeda bahan dasar  dan untuk tempat tisu ini lebih unik akan tetapi cara pembuatannya juga lebih rumit jika di banding kan dengan yang atas.

9. Hiasan Pohon

HIASAN POHONUntuk membuatnya sebenarnya mudah, namun butuh ketelitian dan kesabaran tersendiri. Pertama-tama, kertas dipilin dan digulung hingga berbentuk memanjang seperti stik.

Selanjutnya gulungan-gulungan kertas diikat dan disatukan dengan menggunakan isolasi hingga berbentuk batang pohon. Buat batang dan ranting pohon dengan cara menekuk bagian ujung gulungan koran, ditekuk melingkar hingga menyerupai ranting.

Supaya lebih awet, keseluruhan bodi pohon bisa dilapisi dengan menggunakan lem kertas. Selanjutnya tinggal diwarnai saja.

10. Tempat Sampah

TEMPAT SAMPAH

 

Bahan koran yang telah dipersiapkan kemudian dilipat memanjang, tujuannya agar kertas koran bisa dianyam. Setelah dilipat memanjang, kertas koran tinggal disusun dan dianyam saja membentuk pola hingga bentuk keranjang jadi.

Gunakan tali atau lem untuk memperkuat sambungan anyaman. Yang harus dipastikan adalah lipatan kertas koran haruslah sama besar dan sama tebal. Hal ini agar lebih mudah dalam menganyam dan membuat bentuk.

Sangat unik bukan? Dijamin rumah anda akan unik jika di dalam nya sudah di lengkapi dengan benda benda yang unik juga. Dengan bahan yang murah dan sederhana ini anda bisa mendapatkan suatu kerajinan yang juga bisa anda jadikan sebagai bisnis rumahan anda.

Kerajinan dari Kardus Bekas

Kardus-kardus bekas ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat beberapa piranti yang bermanfaat. Kardus yang memiliki ketebalan akan lebih baik bila digunakan sebagai bahan daripada kardus yang tipis.

11. Rumah Kucing

Rumah kucingYang ini sangat cocok bagi para penggemar kucing. Untuk membuatnya, kain kardus dipotong-potong bulat, kemudian disusun membentuk ruang rumah seperti bola. Satukan potongan kardus dengan menggunakan lem. Buat lubang dibagian tengah sebagai tempat masuk kucing.

Lucu sekali, bagi anda yang memiliki hewan peliharaan maka ini sangat rekomendasi banget untuk anda. Dengan bahan – bahan dasar yang sangat mudah untuk di dapatkan maka anda akan memberikan kenyamanan bagi hewan peliharaan anda. Dijamin kerajinan ini sangat membuat teman – teman anda kagum. Silahkan di coba, dan juga bisa anda jadikan sebagai salah satu cara untuk memulai bisnis.

12. Rak Buku

Rak bukuPotong atau lubangi bagian kardus pada kedua sisinya. Selanjutnya susun kardus hingga menyerupai rak. Gunakan lapisan kardus persegi dengan ukuran yang lebih kecil untuk bagian dalamnya.

Buat tumpukan keatas maksimal tiga susun agar kardus tidak ringsek kebawah ketika terbebani oleh buku. Untuk rak bagian atas, khususkan untuk menyimpan buku-buku kecil yang tidak terlalu berat. Sedangkan pada bagian bawah, gunakan untuk menyimpan buku yang besar dan berat.

Sangat cocok bagi anda yang masih sekolah atau kuliah agar tampilan buku anda rapi dan mudah di cari. Cara ini sangat mudah dan sangat rekomendasi selain unik juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

13. Tempat Lampu 

Tempat LampuUntuk membuatnya, pertama-tama buat potongan kardus membentuk segi empat. Setelah itu lipat hingga kardus membentuk segi lima. Potong kardus yang telah berbentuk segilima menjadi beberapa bagian. Susun potongan kardus secara menyilang lalu rekatkan masing-masing potongan dengan menggunakan lem. Setelah itu tinggal memasang lampunya saja.

Cocok untuk anda yang belum memiliki hiasan lampu yang sangat unik dan kekinian. Dengan bahan dasar yang mudah di dapat dan juga murah maka anda bisa menghasilkan kreatif yang sangat langka ini. Silahkan di coba agar lampu rumah anda memiliki kesan yang unik dan cantik

14. Celengan Kardus

Celengan KardusPotong kardus memanjang seperti tanda plus. Kemudian lubangi pada bagian sisinya dengan menggunakan paku. Bentuk kardus menjadi kubus lalu gabungkan masing-masing bagian dengan menggunakan benang pada lubang paku yang telah dibuat. Selanjutnya tinggal buat lubang sebagai tempat untuk memasukkan uang.

Bagi anda yang sedang memiliki target untuk liburan atau untuk lainnya yang juga membutuhkan dana yang banyak tetapi anda bingung untuk menyimpannya karena anda tidak memiliki celengan maka anda bisa menggunakan cara ini untuk membuat celengan dengan cara yang mudah dan sangat simple.

Anda bisa menggunakan bahan yang bekas dan tentunya mudah di dapatkan. Dengan memanfaatkan barang yang bekas maka anda akan menghasilkan suatu kreasi yang unik dan bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

Kerajinan dari Sedotan Bekas

Sedotan merupakan salah satu jenis sampah yang mudah untuk ditemui. Sebelum membuat kerajinan dari jenis bahan ini, pastikan sedotan bekas yang digunakan telah dicuci dan dibersihkan.

15. Hiasan Bunga

Hiasan BungaButuh ketelatenan untuk membuat hiasan bunga dari sedotan. Untuk membuatnya, sobek sedikit bagian ujung sedotan. Kemudian pilin dan putarkan sedotan pada bagian yang disobek tadi hingga membentuk sebuah kuncup bunga. Gabungkan dengan sedotan lain hingga bentuknya seperti bucket bunga.

Hiasan yang sangat unik dan sangat cocok untuk menambah keunikan rumah anda. Dengan cara yang sederhana anda sudah bisa mendapatkan hasil kreasi yang sangat indah. Bisa anda letakkan di meja tamu atau bahkan anda letakkan di kamar anda.

Dengan cara yang sangat mudah dan simple anda sudah mendapatkan hasil kreasi yang membuat orang ingin memiliki dan mencoba untuk membuatnya.

16. Taplak Meja

Taplak MejaUntuk membuatnya, pertama-tama potong sedotan menjadi pendek-pendek, sekitar 3-4 cm. Selanjutnya gabungkan potongan-potongan sedotan dengan menggunakan benang. Untuk membuat motif dan pola, bisa digunakan beberapa jenis sedotan dengan model atau warna yang berbeda. Semua sesuai dengan hasil imajinasi masing-masing.

Setelah anda memiliki hiasan bunga anda bisa menambahkan beberapa desain cantik seperti taplak meja ini. Anda bisa membuat taplak meja ini untuk menambah kecantikan meja anda.

Pembuatan yang sangat mudah dan tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Anda juga bisa langsung membuat beberapa taplak meja agar meja – meja yang anda di rumah anda seragam dan akan terlihat perfect.

Kerajinan dari Cangkang Telur

Setiap rumah tangga pasti mengkonsumsi telur. Ternyata, bekas cangkang telur bisa dimanfaatkan sebagai salah satu contoh kerajinan tangan. Yang perlu diperhatikan ketika membuat kerajinan tangan dari bahan jenis ini adalah sifat cangkang telur yang mudah rusak dan retak sehingga harus ekstra hati-hati. Beberapa jenis kerajinan tangan dari bahan cangkang telur antara lain :

17. Hiasan Meja Tamu

Hiasan Meja TamuUntuk membuatnya dibutuhkan cangkang kulit telur yang masih berbentuk. Oleh sebab itu ketika mengeluarkan isinya usahakan hanya dengan membuat coakan kecil pada ujung telur saja.

Keringkan bekas kulit telur agar tidak bau dari bekas isi telur. Gunakan cat air atau brush air untuk membuat lukisan pada dinding-dinding cangkang. Bila sudah terlukis maka cangkang telur bisa dipajang di meja tamu sebagai pemanis meja.

Lucu dan sangat unik sekali ya, tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkan hasil hiasan yang di jamin langka.

18. Hiasan Dinding

Hiasan DindingHiasan dinding dari kulit telur bisa dibuat untuk menghias ruang tamu atau kamar tidur. Pertama-tama buat pola lukisan. Pecahkan cangkang telur kemudian tempel pada pola di dinding sesuai dengan lukisan pola yang telah dibuat. Hasilnya sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas.

Bagi anda yang suka dengan hiasan hiasan dinding bunga seperti ini maka ini sangat rekomendasi banget untuk anda. Dengan menggunakan bahan bahan bekas anda akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal.

Akan membuat orang terkagum dan penasaran. Selamat mencoba dan bisa anda ukir juga di dalam kamar anda agar anda merasa nyaman di dalam kamar anda. Kecantikan dan keunikan hiasan yang akan membuat anda betah di dalam kamar anda.

19. Pot Bunga 

Pot BungaCangkang yang sudah terpecah, tinggal diisi dengan menggunakan tanah. Gunakan tanaman mini juga sesuai dengan besar dan ukuran cangkang yang digunakan agar bentuknya proporsional.

Hati-hati ketika mengisi cangkang dengan tanah karena cangkang rawan sekali untuk pecah. Selanjutnya cangkang bisa diwarna bisa juga tidak sesuai dengan selera.

Cocok untuk anda yang memiliki rumah minimalis dan pot ini sangat membantu anda untuk membuat tampilan rumah anda cantik dengan barang – barang yang sudah bekas tetapi akan memberikan daya jual yang tinggi. Sangat di rekomendasikan untuk anda yang suka bercocok tanam.

20. Tempat Lilin

Tempat LilinCangkang telur bekas bisa juga dibuat sebagai wadah tempat lilin. Lebih pas bila jenis lilinnya adalah lilin aromatherapy. Untuk membuatnya, cangkang bekas tinggal diwarnai saja, selanjutnya lilin bisa dimasukkan kedalamnya.

Selain untuk pot tanaman juga bisa anda gunakan untuk tempat lilin jika mati lampu atau juga bisa anda gunakan hiasan lilin lilin kecil di dalam rumah anda.

Dengan barang bekas yang sering orang buang maka anda bisa memanfaatkannya dengan mendapatkan hasil kreatif yang memiliki nilai jual tinggi. Kreatifitas memang bisa tidak memiliki batas. Barang bekas bisa dijadikan barang elegan yang sangat bermanfaat. Beberapa contoh kerajinan tangan diatas semoga bisa memberikan ilustrasi untuk menciptakan karya seni kerajinan tangan sesuai dengan imajinasi masing-masing. Yang terpenting adalah semangat untuk mencoba membuat terlebih dahulu. Semakin sering belajar mencoba, maka hasil kerajinan yang dihasilkan akan bisa semakin bagus.

 by ilmuseni.com