Menidurkan Bayi Dalam Satu Menit Dari Para Ayah

Ads by Kiosked
Menidurkan bayi atau menenangkannya sehabis menangis adalah salah satu teknik yang sangat dibutuhkan semua orang. Siapa tahu kita mendadak diminta untuk mengasuh anak tetangga atau saudara?Bayi belum bisa banyak bicara kecuali tertawa, merengek dan menangis. Namun bila Anda butuh menenangkan atau menidurkannya dalam waktu singkat, beberapa tips unik ini bisa Anda gunakan. Uniknya, kebanyakan tips ini berasal dari para ayah lho. Let’s check this out.

Menidurkan Dengan Tisu

Teknik yang diambil dari sebuah video viral yang booming pekan ini, menggunakan satu sampai dua helai tisu. Pria dalam video di bawah ini, akan mengajarkan pada Anda bagaimana membuat bayi tidur hanya dalam sekejap.

Ads by Kiosked

Cukup dengan melambaikan tisunya saja, bayi akan tidur dengan nyenyak. Ajaib bukan? Sepertinya tisu memiliki dampak yang menenangkan bagi bayi tersebut. Mungkin dengan tips ini, rasanya bayi-bayi seperti sedang tidur di awan. Mau mencoba?

Gunakan Tangan Anda

Belaian tangan bunda memang konon mengandung ‘sihir penidur’ yang ampuh. Tapi dalam video ini, seorang pria coba menidurkan bayi dengan tangannya yang kokoh. Apa yang terjadi?

Tak disangka, kurang dari satu menit dan bayi itu sudah terlelap. Padahal sang ayah hanya membuai-buai wajahnya saja. Siapa sangka menidurkan bayi bisa semudah ini?

Oompa Loompa

Seorang ayah membagikan ‘mantra ajaib’ yang bisa menidurkan bayinya dengan mudah dan sangat cepat. Dengan menyanyikan lagu Oompa Loompa, serta sedikit goyangan, bayinya bisa tertidur.

Teknik ini menyebar dengan cepat di social media dan banyak ayah yang mencoba melakukannya. Ada yang berhasil dan ada yang masih gagal. Kira-kira dengan jumlah view 5 juta di Youtube, teknik ini tidak ada salahnya dicoba.

Dengan Hair Dryer

Ada sebuah kondisi di mana kita harus menenangkan bayi yang menangis. Dalam kondisi tersebut, sulit sekali bukan membuatnya mau tidur. Cara ayah yang satu ini bisa membuatnya tenang, sekaligus terlelap. Bagaimana? Gunakan hair dryer!

Cara ini mungkin terdengar ekstrim. Tapi, ternyata cara sang ayah untuk memberikan ‘comfort noise’ dengan bunyi hair dryer dan sedikit goyangan di boks bayi, bisa membuat anaknya mengantuk. Meski terbilang rumit, namun teknik ini juga bisa menidurkan bayi dalam sekejap.

Tidurlah Bersamanya (Dan Jangan Pergi)

Anak perempuan seringkali ‘posesif’ dengan sang ayah. Seperti yang dialami oleh Nunzio Raso saat gadis kecilnya masih balita. Tak ada yang bisa ia lakukan selain ikut tidur bersamanya di dalam boks bayi.

Kalau Anda menerapkan teknik ini, jangan coba sekali-kali untuk pergi. Karena bila tidak, anak akan kembali menangis. Video yang sudah ditonton jutaan kali ini adalah video ayah dan anak termanis yang pernah ada.

Nah, setelah menyaksikan beberapa tips dan trik unik di atas, waktunya mempraktekkan. Cobalah satu dari sekian tips yang menurut Anda paling mudah, saat akan menidurkan bayi Anda siang ini. Good luck!

sumber boombastis.com

Ini Manfaat Anak Suka Bermain Peran

Anak mana yang tidak suka bermain? Setiap anak menganggap tak ada yang lebih menyenangkan daripada bermain. Salah satu permainan yang disukai anak-anak dan mungkin pernah juga Anda alami saat kecil dulu, adalah bermain peran atau bermain ‘pura-pura’.

Saat bermain peran, anak-anak seakan masuk ke dalam dunianya sendiri, yang penuh keajaiban, dan petualangan seperti yang dialami oleh karakter favoritnya di TV. Dan tak jarang kita, para orang tua, diajak ikut masuk ke dalamnya.

Jika anak mengajak bermain peran, jangan buru-buru merasa malas dan menolaknya, Ma. Sebab, menurut banyak ahli, bermain peran bukanlah permainan tanpa makna, namun justru penting bagi perkembangan emosional, mental, intelektual, bahkan fisik anak. Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat dari bermain peran yang perlu diketahui:

1. Membangun kepercayaan diri                                                                                     Dengan berpura-pura menjadi apapun yang anak inginkan, misalnya putri atau superhero, dapat membuat anak dapat “merasakan” sensasi menjadi karakter-karakter tadi sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

2. Mengembangkan kemampuan bahasa                                                                    Saat bermain peran, anak pastinya akan berbicara seperti karakter atau orang yang diperankannya. Hal ini dapat memperluas kosakata anak dan melatihnya berpidato. Sering mengulangi dialog yang biasa ia dengar dari sebuah adegan dapat membuat anak lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri.

3. Meningkatkan dan kreativitas akal
Saat bermain peran, kreativitas anak akan terbawa keluar, sehingga anak menjadi banyak akal saat mencoba membangun dunia impiannya. Misalnya, kardus-kardus dibuat menjadi istana, bayangan-bayangan dari jari-jarinya yang bermain menjadi bentuk hewan, dan sebagainya.

4. Membuka kesempatan untuk memecahkan masalah
Pada situasi tertentu saat bermain peran, pikiran anak akan terlatih untuk menemukan solusi jika ada masalah terjadi. Misalnya, ketika boneka bayinya ditidurkan, anak akan menyadari bahwa bayi butuh selimut untuk tetap hangat. Denga memecahkan msalah saat bermain dapat membantu membangun kepercayaan diri anak saat nantinya harus mengatasi masalah di kehidupan nyata.

5. Membangun kemampuan sosial dan empati
Dalam bermain peran, anak sedang menempatkan dirinya dalam pengalaman menjadi orang lain. Menghidupkan kembali sebuah adegan bisa membantu dia menghargai perasaan orang lain sehingga dapat membantunya mengembangkan empati. Selain itu, karena bermain peran lebih menyenangkan dilakukan bersama teman, anak dapat belajar berkomunikasi, bergiliran, dan berbagi peralatan atau mainan bersama temannya.

6. Memberi mereka pandangan positif
Anak-anak memiliki imajinasi yang tidak terbatas. Bermain peran dapat membantu anak bermimpi dan berusaha mencapai mimpi dan cita-citanya.

sumber parenting.co.id

Wajib Coba! 5 Permainan Seru untuk Mengasah Kreativitas Anak

Pada zaman modern ini, jenis-jenis permainan untuk anak memang semakin beragam dan canggih. Semakin banyak anak usia dini yang pandai mengoperasikan gawai dan senang memainkan games. Hal ini wajar, Mam karena pada kenyataannya kita sekarang hidup dalam zaman digital. Namun, alangkah baiknya jika Mam juga melengkapi jenis-jenis permainan untuk anak dengan yang simpel, spontan, dan tidak perlu melibatkan teknologi.

Permainan kreatif untuk anak tidak harus yang mahal atau canggih, Mam. Hal terpenting adalah permainan tersebut dapat membuat anak gembira serta merangsang kemampuan motorik, emosional, sosial, bicara, dan daya berpikirnya.

Alat permainan edukatif terbagi menjadi dua, yang bersumber dari pabrik dan dari lingkungan. Alat yang kedua tidak harus berupa mainan. Benda-benda di sekitar atau barang yang sudah tidak terpakai, bisa dijadikan alat permainan untuk anak.

Tahukah Mam? Setidaknya ada lima manfaat permainan bagi perkembangan anak:

  • Melatih motorik kasar dan halus anak sehingga otot-otot tubuhnya akan terbentuk secara baik, sehat, dan seimbang.
  • Melatih sosio-emosional anak karena ia memiliki teman. Permainan juga dapat mendekatkan hubungan dengan orang tua dan merangsang si Kecil untuk berkomunikasi dua arah.
  • Melatih kemampuan kognitif anak. Melalui permainan, si Kecil akan belajar, mengenal, berkomunikasi, dan mengalami objek baru.
  • Melatih kepribadian. Dengan bermain, anak dapat berinteraksi dengan teman sebayanya. Interaksi dengan teman akan melatih si Kecil untuk bersikap jujur, sportif, dan ramah agar dapat diterima dan bekerja sama dengan mereka.
  • Melatih kreativitas. Melalui permainan, si Kecil akan memiliki ruang untuk berimajinasi, mengeksplorasi, dan memanipulasi alat permainannya. Eksplorasi ini secara perlahan akan mengasah kemampuan dan kreativitas si Kecil.

Berikut lima ide permainan untuk anak yang bukan hanya seru, melainkan juga dapat mengasah kreativitas si Kecil:

1. Tebak Suara

Alat yang dibutuhkan:

Kertas berisi daftar gambar dari sumber suara yang akan dicari oleh si Kecil. Mam dapat membuatnya berdasarkan tema tertentu, misalnya kendaraan atau hewan.

Cara bermain:

  • Ajak si Kecil berjalan-jalan di sekitar rumah. Minta ia untuk mendengarkan dengan saksama suara yang didengarnya.
  • Bila si Kecil bilang mendengar suara tertentu, misalnya burung, minta ia untuk memberi centang pada gambar sesuai sumber suara tersebut di kertas gambar yang sudah Mam buat sebelumnya.
  • Ulangi proses ini sampai seluruh gambar telah tercentang.

2. Es Pelangi

Alat yang dibutuhkan:

Cetakan es batu, air, beberapa pewarna makanan cair.

Cara bermain:

  • Ajak si Kecil menuang air di cetakan es batu hingga setengah penuh di setiap kotaknya.
  • Setelah semua kotak terisi, minta si Kecil untuk meneteskan aneka pewarna makanan di setiap kotak. Aduk setiap kotak dengan telunjuk hingga warnanya menjadi rata. Simpan cetakan di freezer selama 1-2 jam.
  • Keluarkan cetakan es batu dari freezer dan biarkan si Kecil bermain dengan es warna-warni hasil karyanya.

3. Gelembung Ular

Alat yang dibutuhkan:

Botol plastik kecil bekas, handuk kecil atau kaus kaki, 1 karet gelang, beberapa pewarna makanan, sabun cuci piring cair, air, gunting, wadah kecil.

Cara bermain:

  • Gunting bagian bawah botol hingga bolong.
  • Tutupi alas botol yang bolong dengan handuk atau kaus kaki. Lilitkan dengan karet gelang agar handuk tidak copot.
  • Teteskan pewarna makanan beraneka warna secara melingkar pada handuk yang kini telah menjadi alas botol.
  • Tuang sedikit air dan sabun cuci piring di wadah, aduk.
  • Celupkan bagian alas botol yang sudah ditutupi handuk ke dalam wadah, lalu angkat.
  • Lepaskan tutup botol, lalu tiup kencang, dan keluar lah gelembung ularnya.

4. Goresan Rahasia

Permainan ini tidak  membutuhkan alat khusus.

Cara bermain:

  • Minta si Kecil duduk memunggungi Mam. Lalu, buat goresan di punggungnya menggunakan tangan atau alat tertentu, seperti alat pemijat atau spidol (tidak dibuka). Mam bisa menggoreskan angka, huruf, atau bentuk. Minta si Kecil untuk menebak goresan apa yang Mam buat.
  • Selain di punggungnya anak, Mam juga bisa memainkan permainan ini di lengan, telapak tangan, telapak kaki, atau paha anak.

5. Bermain Pura-pura

Permainan ini tidak membutuhkan alat khusus dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Saat di rumah, Mam bisa mengajak si Kecil untuk berpura-pura menjadi penyanyi, dokter, guru, dan sebagainya. Botol losion atau remote televisi dapat dijadikan mikrofon, dan ia dapat berdiri di atas bangku yang ceritanya adalah panggung.

Mam bisa juga melakukan permainan ini saat sedang berbelanja di supermarket. Sambil memilih-milih belanjaan, si Kecil dapat berpura-pura menjadi penjual yang menawarkan barang jualannya kepada Mam. Selain mengasah kreativitas karena ia belajar bermain dengan memanfaatkan benda yang ada di sekelilingnya, permainan ini juga dapat membangun kekompakan antara Mam dan anak.

Selain kelima permainan di atas, masih ada banyak ide lain tentang berbagai permainan untuk membangkitkan sensorik anak, mengasah akal pintarnya, serta membuatnya aktif bergerak. Tak hanya bermanfaat mendukung kepintaran si Kecil, permainan untuk anak tersebut juga baik untuk meningkatkan kedekatan Mam dengannya.

sumber wyethnutrition.co.id

Ini Cara Ajari Anak Menggambar

Menggambar merupakan aktivitas penting bagi anak yang bermanfaat untuk menstimulasi kreativitas, pengembangan emosi dan meningkatkan kemampuan kognitif. Tentu saja menggambar di sini yang dimaksudkan adalah menggambar kreatif, bukan menggambar yang didikte. Masih ingat gambar dua buah gunung dengan matahari dan jalan yang terletak di tengahnya? Gambar tersebut digambar oleh kebanyakan anak TK sejak dulu kala hingga saat ini. Hal ini merupakan contoh menggambar yang didikte. Sebaiknya kita tidak lagi melakukan hal semacam ini agar tidak mematikan kreativitas anak. Lalu bagaimana cara mengajar anak TK menggambar kreatif pada anak? Berikut adalah tips mengajar anak menggambar kreatif :

Sediakan Peralatan Gambar

Sediakan Peralatan Gambar

Sediakan Peralatan Gambar

Sediakan peralatan gambar yang memadai untuk menggambar. Peralatan yang dibutuhkan antara lain kertas gambar, pensil, krayon, atau alat pewarna lainnya yang aman bagi anak dan bersifat tidak toksik. Peralatan yang lengkap dan alat pewarna yang bermacam-macam dapat menstimulasi anak untuk lebih kreatif dalam menggambar.

Berikan Dukungan terhadap Aktivitas Menggambar

tips mengajar anak menggambar kreatif

Berikan Dukungan terhadap Aktivitas Menggambar

Beri dukungan terhadap kegiatan menggambar. Orang tua bisa menjadi teladan dengan menunjukkan ketertarikan pada aktivitas menggambar, tetapi tidak perlu mendikte anak tentang objek apa yang harus digambarnya. Berikan juga dukungan positif, misalnya “wah, warna mobil merahnya adik bagus ya,” atau “wah, warna kuning bunga adik bagus dan segar,” sehingga anak akan bangga dan menyukai aktivitas menggambar.

Ajarkan Konsep Dasar Menggambar

Ajarkan Konsep Dasar Menggambar

Ajarkan Konsep Dasar Menggambar

Ajarkan beberapa konsep dasar menggambar seperti cara membuat goresan tebal, tipis, sudut, gelap, terang, bentuk, lebar, sempit, dan sebagainya. Tidak perlu terlalu detail, asalkan mereka cukup paham konsep dasar menggambar secara umum.

Berikan Apresiasi pada Anak

Berikan Apresiasi pada Anak

Berikan Apresiasi pada Anak

Berikan apresiasi terhadap karya yang dihasilkan anak. Memajang hasil gambar anak di pintu kulkas atau dibingkai dan dipajang di ruang tamu merupakan contoh cara mengapresiasi karya si kecil. Tunjukkan pada tamu atau saudara bahwa gambar yang dipajang merupakan karya anak Anda. Hal ini tentu membanggakan baginya. Jangan lupa untuk memujinya secara eksplisit dengan mengatakan bahwa gambar yang dibuatnya sangat bagus. Hal ini akan membuat anak semakin percaya diri.

Berikan Keleluasaan pada Anak untuk Memilih Objek Gambar

Berikan Keleluasaan pada Anak untuk Memilih Objek Gambar

Berikan Keleluasaan pada Anak untuk Memilih Objek Gambar

Gambar anak TK sering kali sama dengan teman dan contoh yang diberikan gurunya. Jelaskan pada anak bahwa dia boleh menggambar hal yang berbeda dengan apa yang dicontohkan. Jelaskan bahwa setiap orang memiliki kesukaan yang berbeda dan dia boleh menggambar hal-hal yang disukainya. Jelaskan pula bahwa dia tidak perlu khawatir jika gambarnya berbeda dengan teman-temannya. Selanjutnya berikan kesempatan pada anak untuk menggambar objek yang dia sukai tanpa menghakimi sehingga kreativitas anak dapat terasah. Ini merupakan tips mengajar anak menggambar kreatif yang terpenting.

Ajarkan Menggambar Abstrak

Ajarkan Menggambar Abstrak

Ajarkan Menggambar Abstrak

Selain menggambar benda-benda berwujud nyata, Anda juga bisa mengajar anak menggambar abstrak. Salah satu contoh mudah yaitu Anda bisa mengajarkan anak menggambar lingkaran besar atau bentuk lain lalu menggambar objek lain di dalam lingkaran tersebut dalam ukuran yang lebih kecil, bisa berupa garis, oval, kotak, atau bentuk lain.

Sering Ajak Anak Mewarnai

Sering Ajak Anak Mewarnai

Sering Ajak Anak Mewarnai

Kegiatan mewarnai sering kali dianggap sebagai kegiatan yang menghambat kreativitas anak karena anak hanya bisa mewarnai tanpa menggambar. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Mewarnai dapat menjadi tahap awal bagi anak untuk mengenal warna dan objek gambar. Dari kegiatan mewarnai, anak juga bisa mendapat inspirasi tentang objek gambar yang bisa dia lukiskan. Mewarnai juga bisa menjadi awal yang baik bagi anak yang masih ragu atau takut untuk menggambar. Sering mengajak anak mewarnai dapat meningkatkan kreativitas mereka dalam mengenal warna dan benda.

Demikian beberapa tips mengajar anak menggambar kreatif. Semoga bermanfaat.

sumber appletreebsd.com

TIPS MUDAH BELAJAR MENGGAMBAR UNTUK ANAK-ANAK

Pada artikel ini saya akan berbagi tutorial belajar mengambar untuk anak-anak. Menggambar adalah kegiatan menuangkan imajinasi, ekspresi dan emosi menjadi bentuk visual berupa goresan-goresan yang dihasilkan dari alat gambar. Anak-anak biasanya suka berimajinasi setelah melihat sesuatu yang menarik yang ada disekitarnya dan imajinasi tersebut bisa dituangkan melalui proses kegiatan menggambar. Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Lewat menggambar, mereka bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar-gambar yang mereka hasilkan juga dapat menunjukkan tingkat kreativitas dan suasana hati masing-masing anak.

Kegiatan Menggambar juga memiliki manfaat bagi perkembangan anak. Manfaat menggambar untuk anak-anak yaitu:

1. Sebagai Media Berekspresi

Seperti halnya orang dewasa, aktifitas mewarnai terutama mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaaan dirinya. Melalui gambar yang dibuatnya dapat terlihat apa yang sedang dirasakannya, apakah itu perasaan gembira atau perasaan sedih.

2. Membantu Mengenal Perbedaan Warna

Membiasakan si kecil untuk melakukan aktifitas mewarnai baik dengan krayon, pensil warna maupun spidol warna sejak dini dapat membantu mereka mengenal warna, sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna lainnya. Hal ini juga dapat mempermudah mereka dalam mencampur dan memadukan warna. Kemampuan inilah yang akan membantu si kecil dalam berkreasi seiring dengan perkembangan usia mereka.

3. Warna Merupakan Media Terapi
Warna merupakan sebuah media terapi bagi banyak orang, bahkan warna kerapkali digunakan sebagai bahasa global untuk membaca emosi seseorang. Seorang anak yang mewarnai matahari dengan warna-warna gelap seperti hitam atau abu-abu bisa jadi menandakan kemarahan mereka saat itu. Selain itu cara si kecil menorehkan warna juga dapat mengekspresikan sifat dasar mereka, sebagai contoh, jika si kecil mewarnai dengan cara menorehkan garis-garis teratur pada gambar menunjukan bahwa si kecil memeiliki kecenderungan gaya hidup teratur. Terlepas dari itu warna sendiri menjadi alat terapi untuk meringankan stres pada si kecil setelah lelah seharian beraktifitas.

4. Melatih si kecil Menggenggam pensil

Bagi sebagaian anak, krayon adalah benda pertama yang digenggamnya sebelum mereka menggenggam pensil. Saat mewarnai dengan krayon itulah pertama kali si kecil belajar menggengam dan mengontrol pensil di tangannya. Kemampuan tersebut yang nantinya akan membantunya dalam menulis saat si kecil menempuh pendidikan di sekolah.

5. Melatih Kemampuan Koordinasi

Kemampuan berkoordinasi merupakan manfaat lain yang bisa diperoleh dari aktifitas mewarnai. Dalam mewarnai diperlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon. Kemampuan dasar berkordinasi inilah yang dapat mengembangkan kemampuan dasar si kecil hingga mereka besar nanti.

6. Mengembangkan Kemampuan Motorik
Aktifitas mewarnai merupakan aktifitas yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Kemampuan tersebut sangat penting dalam perkembangan aktifitasnya kelak, seperti dalam mengetik, mengangkat benda dan aktifitas lainnya dimana dibutuhkan kinerja otot lengan dan tangan dalam prosesnya.

7. Mewarnai Meningkatkan Konsentrasi
Aktifitas mewarnai dapat melatih konsentrasi si kecil untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktifitas lain yang terjadi di sekelilingnya. Seorang anak yang sedang menyelesaikan tugas mewarnai akan fokus pada lembar gambar yang sedang diwarnainya, sehingga sekalipun pun di sekelilingnya ribut dengan aktifitas anak-anak lain, ia akan tetap fokus menyelesaikan tugas mewarnainya. Kemampuan berkonsentrasi inilah yang kelak berguna bagi si kecil dalam menyelesaikan soal matematika atau pelajaran lainnya yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

8. Mewarnai Melatih Si Kecil Mengenal Garis Batas Bidang

Mengenal batas bidang gambar merupakan manfaat lain dari aktifitas mewarnai. Di masa awal si kecil memulai aktifitas mewarnai, mereka tidak akan peduli dengan garis batas gambar di hadapannya, hal tersebut wajar-wajar saja, biarkan si kecil merasa nyaman dan exited terlebih dahulu dengan aktifitas mewarnainya. Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia si kecil, mereka akan mulai menghargai dan memperhatikan garis-garis batas tersebut, dan berusaha untuk mewarnai gambar di hadapannya tanpa keluar garis. Membiasakan anak belajar mewarnai sejak kecil akan melatihnya lebih peka terhadap batasan garis sejak dini. Kemampuan inilah yang menjadi bekal mereka saat mereka mulai belajar menulis di buku tulis bergaris.

9. Mewarnai Melatih Si Kecil Membuat Target
Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Dengan melakukan aktifitas mewarnai sejak dini si kecil akan belajar untuk meyelesaikan tugas yang dihadapinya. Di sinilah akan terpupuk rasa tanggung jawab si kecil dengan pekerjaan yang diterimanya sekaligus memupuk kepercayaan diri si kecil bahwa ia dapat menyelesaikan tugas yang sedang diembannya. Sikap ini akan membantunya menyelesaikan tugas-tugasnya kelak, dan juga melatihnya untuk tidak mudah menyerah dengan tantangan yang akan dihadapinya.

Mengingat banyaknya manfaat aktivitas mewarnai bagi si kecil, tak ada salahnya jika para orangtua mulai membiasakan anak-anaknya mewarnai gambar sejak dini, mulailah dengan gambar-gambar yang tidak terlalu detail agar si kecil lebih mudah mengaplikasikan warna yang ingin ditorehnya. Jangan terlalu banyak memberi aturan, baik dalam pemilihan warna maupun memberi batasan garis, biarlah ia bereksplorasi dengan warna-warna dan gambar di hadapannya.
Sumber : mommygadget.com/2009/07/07/manfaat-mewarnai-bagi-si-kecil/

Belajar Menggambar Untuk Anak-Anak

Berikut adalah kumpulan tutorial menggambar untuk anak-anak yang bisa Anda pelajari dengan mudah. Selamat menggambar (^_^)

.: Cara Menggambar Bebek :.
Cara Menggambar Bebek

.: Cara Menggambar Burung :.

Cara Menggambar Burung

.: Cara Menggambar Kucing :.

Cara Menggambar Kucing

.: Cara Menggambar Kelinci :.

Cara Menggambar Kelinci

.: Cara Menggambar Kepiting :.

Cara Menggambar Kepiting

.: Cara Menggambar Lumba-Lumba :.

Cara Menggambar Lumba-Lumba
 

.: Cara Menggambar Singa :.

Cara Menggambar Singa
 

.: Cara Menggambar Ayam :.

Cara Menggambar Ayam
 

.: Cara Menggambar Kapal Layar :.

Cara Menggambar Kapal
 

.: Cara Menggambar Kapal Motor Boat :.

Cara Menggambar Kapal Motor Boat
 

.: Cara Menggambar Kapal :.

Cara Menggambar Kapal
 

.: Cara Menggambar Gajah :.

Cara Menggambar Gajah
 

.: Cara Menggambar Mobil :.

Cara Menggambar Mobil

.: Cara Menggambar Panda :.

Cara Menggambar Panda
 

.: Cara Menggambar Anjing :.

Cara Menggambar Anjing
 

.: Cara Menggambar Domba :.

Cara Menggambar Domba

.: Cara Menggambar Tikus :.

Cara Menggambar Tikus
 

.: Cara Menggambar Burung Merak :.

Cara Menggambar Burung Merak
 

.: Cara Menggambar Buruk Kakak tua :.

Cara Menggambar Buruk Kakak tua

.: Cara Menggambar Pesawat Luar Angkasa :.

Cara Menggambar Pesawat Luar Angkasa

.: Cara Menggambar Bus Tingkat :.

Cara Menggambar Bus Tingkat

.: Cara Menggambar Perahu Layar :.

Cara Menggambar Perahu Layar

.: Cara Menggambar Unta :.

Cara Menggambar Unta

.: Cara Menggambar Kelelawar :.

Cara Menggambar Kelelawar

.: Cara Menggambar Tikus :.

Cara Menggambar Tikus

.: Cara Menggambar Ladybug :.

.: Cara Menggambar Tupai :.

Cara Menggambar Tupai

.: Cara Menggambar Kura-Kura :.

Cara Menggambar Kura-Kura

.: Cara Menggambar Wajah Kucing :.

.: Cara Menggambar Sepeda :.

Cara Menggambar Sepeda

.: Cara Menggambar Anak Ayam :.

Cara Menggambar Anak Ayam

.: Cara Menggambar Tikus :.

Cara Menggambar Tikus

.: Cara Menggambar Kodok :.

Cara Menggambar Kodok

.: Cara Menggambar Beruang :.

Cara Menggambar Beruang
 

.: Cara Menggambar Bis Sekolah :.

Cara Menggambar Bis Sekolah
 

.: Cara Menggambar Ikan Hiu :.

Cara Menggambar Ikan Hiu
 

.: Cara Menggambar Gajah :.

Cara Menggambar Gajah

.: Cara Menggambar Burung Merpati :.

Cara Menggambar Burung Merpati
 

.: Cara Menggambar Monyet :.

Cara Menggambar Monyet
SUMBER spicalandblog.blogspot.com

Cara Menggambar Hewan dengan Mudah, Anak-anak Pun Bisa

Bunda kebingungan mencari aktivitas positif bagi si kecil? Mungkin dengan menggambar bersama bisa menjadi jawaban bagi permasalahan bunda. Selain dapat merangsang otak kanan, menggambar juga bisa menjadi salah satu cara positif anak untuk menghabiskan waktu dibandingkan dengan bermain gadget. Saat pemilihan warna dalam proses menggambar bunda juga bisa melihat ekspresi hati buah hati. Pemilihan warna-warna ceria menunjukkan buah hati bunda sedang berada dalam kondisi riang gembira. banyak hal-hal menarik yang bisa bunda gambar bersama buah hati. Jika bunda belum begitu mahir menggambar, berikut akan kami ulas cara menggambar hewan dengan mudah.

1. Bebek

Banyak cara menggambar hewan dengan pensil. Salah satunya adalah ketika menggambar bebek. Untuk menggambar bebek Bunda dapat membuat angka 2 dan 9.

cara menggambar hewan bebek dengan mudah

Simak Cara Menggambar Hewan dengan Mudah (jatik.com)

Setelah itu buatlah garis lengkung di atas angka 9. Di bagian kiri bawah bulatan angka 9, bunda bisa menambahkan segitiga sebagai paruh bebek. Kemudian buat garis lurus di bagian bawah kanan angka 2. Hubungkan angka 2 dengan garis lurus dibawahnya dengan gambar rumput. Setelah selesai, hubungkan gambar lengkung di atas gambar 9 ke gambar rumput paling bawah. Sebagai sentuhan akhir, Bunda bisa menambahkan bulatan sebagai mata bebek atau lengkungan terbalik yang menggambarkan bebek sedang tertidur.

2. Kelinci

Pertama, buatlah angka 3 di kertas gambar. Kemudian tambahkan angka 3 dalam posisi seperti memantul dengan tambahan bulatan kecil di bagian bawah kanan. Lanjutkan dengan membuat enam buah bulatan lonjong, dua di atas sebelah kanan, dua di tengah-tengah angka 3 dan dua di bawah.

cara menggambar hewan dengan mudah

Cara Menggambar Hewan Kelinci dengan Mudah (jatik.com)

Bulatan-bulatan itu merupakan telinga, tangan, dan kaki kelinci. Setelah itu gambarlah setengah lingkaran di bagian bawah dalam angka 2. Bunda bisa menambahkan mulut dan mata kelinci dengan menggambarkan bulatan kecil sempurna dan segitiga di bagian kepala kelinci.

3. Ayam Jantan

Buatlah angka 1 dan 5. Kemudian, buatlah lengkungan ke bawah di atas angka 1 dan buatlah dua lengkungan di angka 5, pertama di bagian atas dan kedua di bagian tengah yang kemudian disambungkan dengan angka 1 bagian kanan bawah.

cara menggambar hewan dengan mudah

Cara Menggambar Hewan dengan Mudah dan Sederhana (jatik.com)

Selanjutnya Bunda dapat menggambar rumput menyerong dari bagian bawah angka 1 hingga bertemu dengan lengkungan di atasnya. Untuk paruh ayam gambarlah segitiga dua buah dan untuk jengger bunda bisa menggambar hati  dengan posisi sedikit mendatar di bagian atas.

Jangan lupa agar Bunda menambahkan sebuah bulatan sebagai mata ayam. Tahap akhir adalah menggambar dua buah garis lurus yang merupakan kaki ayam jantan.

4. Kapal Laut

Buatlah angka 1 dengan sempurna. Tarik garis lurus dari bawah hingga ke atas angka 1 di sebalah kiri. Selanjutnya, bunda dapat membuat garis miring ke kanan dari atas angka 1 hinga pertengahan angka 1 dan dilanjutkan dengan lengkungan menurun hingga bertemu dengan angka 1.

cara menggambar hewan dengan mudah

Cara Menggambar Benda dan Hewan dengan Mudah (jatik.com)

Kemudian buatlah kembali garis miring kanan kiri di bawah garis yang telah dibuat sebelumnya untuk menampilkan kesan dek kapal. Di celah antara kedua garis tersebut bunda bisa menghias dengan memberikan bulatan-bulatan kecil.

Di sisi sebelah kanan dek, tambahkan gambar trapesium untuk menunjukkan kesan kapal yang bertingkat. Setelah itu tambahkan gambar persegi panjang sebagai cerobong asap dari kapal laut.

Itulah beberapa cara menggambar hewan dengan mudah. Peralatan yang diperlukan pun tidak sulit karena Bunda hanya perlu menyiapkan pensil, penghapus dan kertas gambar. Gambar tersebut juga bisa diwarnai setelahnya. Selain dapat merangsang otak kanan si kecil, bunda juga sekaligus melatih buah hati untuk mengenali angka-angka. Nah, selamat berkreativitas dengan buah hati.

sumber alabn.com