Ini Cara Ajari Anak Menggambar

Menggambar merupakan aktivitas penting bagi anak yang bermanfaat untuk menstimulasi kreativitas, pengembangan emosi dan meningkatkan kemampuan kognitif. Tentu saja menggambar di sini yang dimaksudkan adalah menggambar kreatif, bukan menggambar yang didikte. Masih ingat gambar dua buah gunung dengan matahari dan jalan yang terletak di tengahnya? Gambar tersebut digambar oleh kebanyakan anak TK sejak dulu kala hingga saat ini. Hal ini merupakan contoh menggambar yang didikte. Sebaiknya kita tidak lagi melakukan hal semacam ini agar tidak mematikan kreativitas anak. Lalu bagaimana cara mengajar anak TK menggambar kreatif pada anak? Berikut adalah tips mengajar anak menggambar kreatif :

Sediakan Peralatan Gambar

Sediakan Peralatan Gambar

Sediakan Peralatan Gambar

Sediakan peralatan gambar yang memadai untuk menggambar. Peralatan yang dibutuhkan antara lain kertas gambar, pensil, krayon, atau alat pewarna lainnya yang aman bagi anak dan bersifat tidak toksik. Peralatan yang lengkap dan alat pewarna yang bermacam-macam dapat menstimulasi anak untuk lebih kreatif dalam menggambar.

Berikan Dukungan terhadap Aktivitas Menggambar

tips mengajar anak menggambar kreatif

Berikan Dukungan terhadap Aktivitas Menggambar

Beri dukungan terhadap kegiatan menggambar. Orang tua bisa menjadi teladan dengan menunjukkan ketertarikan pada aktivitas menggambar, tetapi tidak perlu mendikte anak tentang objek apa yang harus digambarnya. Berikan juga dukungan positif, misalnya “wah, warna mobil merahnya adik bagus ya,” atau “wah, warna kuning bunga adik bagus dan segar,” sehingga anak akan bangga dan menyukai aktivitas menggambar.

Ajarkan Konsep Dasar Menggambar

Ajarkan Konsep Dasar Menggambar

Ajarkan Konsep Dasar Menggambar

Ajarkan beberapa konsep dasar menggambar seperti cara membuat goresan tebal, tipis, sudut, gelap, terang, bentuk, lebar, sempit, dan sebagainya. Tidak perlu terlalu detail, asalkan mereka cukup paham konsep dasar menggambar secara umum.

Berikan Apresiasi pada Anak

Berikan Apresiasi pada Anak

Berikan Apresiasi pada Anak

Berikan apresiasi terhadap karya yang dihasilkan anak. Memajang hasil gambar anak di pintu kulkas atau dibingkai dan dipajang di ruang tamu merupakan contoh cara mengapresiasi karya si kecil. Tunjukkan pada tamu atau saudara bahwa gambar yang dipajang merupakan karya anak Anda. Hal ini tentu membanggakan baginya. Jangan lupa untuk memujinya secara eksplisit dengan mengatakan bahwa gambar yang dibuatnya sangat bagus. Hal ini akan membuat anak semakin percaya diri.

Berikan Keleluasaan pada Anak untuk Memilih Objek Gambar

Berikan Keleluasaan pada Anak untuk Memilih Objek Gambar

Berikan Keleluasaan pada Anak untuk Memilih Objek Gambar

Gambar anak TK sering kali sama dengan teman dan contoh yang diberikan gurunya. Jelaskan pada anak bahwa dia boleh menggambar hal yang berbeda dengan apa yang dicontohkan. Jelaskan bahwa setiap orang memiliki kesukaan yang berbeda dan dia boleh menggambar hal-hal yang disukainya. Jelaskan pula bahwa dia tidak perlu khawatir jika gambarnya berbeda dengan teman-temannya. Selanjutnya berikan kesempatan pada anak untuk menggambar objek yang dia sukai tanpa menghakimi sehingga kreativitas anak dapat terasah. Ini merupakan tips mengajar anak menggambar kreatif yang terpenting.

Ajarkan Menggambar Abstrak

Ajarkan Menggambar Abstrak

Ajarkan Menggambar Abstrak

Selain menggambar benda-benda berwujud nyata, Anda juga bisa mengajar anak menggambar abstrak. Salah satu contoh mudah yaitu Anda bisa mengajarkan anak menggambar lingkaran besar atau bentuk lain lalu menggambar objek lain di dalam lingkaran tersebut dalam ukuran yang lebih kecil, bisa berupa garis, oval, kotak, atau bentuk lain.

Sering Ajak Anak Mewarnai

Sering Ajak Anak Mewarnai

Sering Ajak Anak Mewarnai

Kegiatan mewarnai sering kali dianggap sebagai kegiatan yang menghambat kreativitas anak karena anak hanya bisa mewarnai tanpa menggambar. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Mewarnai dapat menjadi tahap awal bagi anak untuk mengenal warna dan objek gambar. Dari kegiatan mewarnai, anak juga bisa mendapat inspirasi tentang objek gambar yang bisa dia lukiskan. Mewarnai juga bisa menjadi awal yang baik bagi anak yang masih ragu atau takut untuk menggambar. Sering mengajak anak mewarnai dapat meningkatkan kreativitas mereka dalam mengenal warna dan benda.

Demikian beberapa tips mengajar anak menggambar kreatif. Semoga bermanfaat.

sumber appletreebsd.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *