Buwas: Narkoba Rambah Sekolah, dari TK sampai SMA!

Dwi Andayani – detikNews
Buwas: Narkoba Rambah Sekolah, dari TK sampai SMA!
Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso (Buwas) mengatakan lingkungan sekolah sudah banyak yang terkontaminasi narkoba. Menurutnya, hal itu dilakukan para penjahat untuk memperluas pangsa pasar barang haram tersebut.

“Kita melihat lingkungannya, tapi secara umum anak-anak TK, anak-anak SMP, SMA, itu banyak yang sudah terkontaminasi narkoba. Karena seperti yang saya sampaikan, bahwa jaringan narkotika ini ingin terus memperluas pangsa pasar, memperkuat pangsa pasar,” kata Buwas saat ditemui di Jalan Petak Asem Baru, Penjaringan, Jakut, Selasa (12/9/2017).

Buwas mengatakan hal tersebut saat memberikan sosialisasi bahaya narkoba kepada anak-anak di Sekolah Anak Jalanan (Saja). Menurutnya, anak-anak mesti betul-betul dilindungi dari bahaya narkoba.

Sebab, para pelaku kejahatan narkoba ini ingin konsumennya terus beregenerasi. Jenderal bintang tiga Polri ini mengatakan generasi pengguna narkoba saat ini yang masih aktif akan segera putus karena mengalami kerusakan dalam jaringan tubuhnya.

“Maka mereka membiayai dari hasil penjualan narkotika, sebagian dia danai untuk meregenerasi pasar-pasar berikutnya. Karena generasi pasar sekarang itu akan punah, akan habis,” ujarnya.

Karena itu, menurutnya, anak-anak harus mendapat perhatian penuh agar tidak sampai terkontaminasi narkoba. Saat ini banyak cara dilakukan para pelaku kejahatan narkoba untuk menyasar anak-anak.

“Maka dia (pelaku) harus meregenerasikan pangsa pasar berikutnya. Siapa sasarannya, anak TK, ini anak-anak kita yang sekarang ini baru kita tengok hari ini,” ucap dia.

“Dengan cara-cara tadi di antaranya meracuni mereka, dengan mengemas makanan-minuman. Dengan mengiming-imingi seolah-olah ini adalah obat atau vitamin untuk pintar. Mereka anak-anak yang tidak mengerti, nah ini kewaspadaan bersama,” imbuh Buwas.

Sebelumnya diberitakan, Buwas sempat mengimbau anak-anak tidak menerima makanan dari orang tak dikenal. Menurutnya, contoh kecil seperti itu dapat membangun kewaspadaan anak-anak dari ancaman narkoba yang dikemas dengan berbagai hal.

“Oleh sebab itu, kita bangun kesadaran mereka dari hal-hal kecil. Ini ada yang sudah memprakarsai dan berkorban, untuk mendidik anak anak jalanan dengan swadaya dan semangat dengan segala keterbatasannya,” ungkapnya.

sumber
https://news.detik.com/berita/3639671/buwas-narkoba-rambah-sekolah-dari-tk-sampai-sma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *