Bermain Sambil Belajar, atau Belajar Sambil Bermain

Diseluruh dunia ini, anak-anak bermain.

Di dunia Pendidikan Anak Usia Dini kata Belajar sambil Bermain atau Bermain seraya Belajar, sudah tidak asing lagi, karena memang dunia anak adalah masa emas (golden age) maka anak-anak disarankan untuk bermain-bermain saja tetapi ada unsur yang terkandung yaitu belajar, sehingga anak-anak tidak menjadi bosan.

Pada dasarnya memang dalam PAUD, TK atau RA semua pembelejaran menggunakan metode bermain. Metode bermain adalah adalah metode yang menerapkan permainan atau mainan tertentu sebagai wahana pembelajaran bagi anak-anak, bermain adalah salah satu kesukaan anak usia dini karena secara normal tidak ada seorang anak pun yang tidak suka bermain. Semua anak suka bermain, meskipun sifatnya hanya sederhana. Oleh karenanya, metode bermain ini sangat cocok bila diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini, dengan cara ini anak-anak dapat mengembangan minat bakat, serta keterampilan dan kreativitas anak-anak tersebut dengan bermain. Dengan bermain anak-anak juga bisa mengembangkan 6 aspek perkembangan.

Pada masa anak-anak mengalami 6 aspek perkembangan yang sangat pesat, baik pertumbuhan fisik dan motoriknya, perkembangan moral atau kebiasaan, perkembangan otak atau kecerdasan anak (kognitif) serta sosial-emosionalnya. Dan pada usia ini juga, anak mulai belajar mengembangkan kemampuan berbicara atau berbahasa, anak dapat mengenal kata atau kalimat-kalimat baru dengan permainan yang diberikan oleh orangtua atau guru-gurunya. Anak juga lebih mengenal banyak teman, lingkungan baru dengan cara bermain, sehingga sosial-interaksi si anak berkembangan dengan baik. Dengan bermain juga anak-anak dapat merangsang stimulusi kecerdasan yang dapat dikembangan, mengembangan kepribadian dan potensi diri.

Bermain merupakan cara yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan anak TK sesuai kompetensinya. Melalui bermain, anak memperoleh dan memproses informasi mengenai hal-hal baru dan berlatih melalui keterampilan yang ada. Bermain disesuaikan dengan perkembangan anak. Permainan yang digunakan di TK merupakan permainan yang merangsang kreativitas anak dan menyenangkan. Untuk itu bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain merupakan prinsip pokok dalam pembelajaran di TK dan sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Prinsip belajar sambil bermain membantu menghilangkan kebosanan pada anak. (Depdiknas, 2006).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *