BAGI para calon mempelai wanita berhijab, mengenakan gaun pengantin tidak boleh sembarangan. Mereka tetap harus memperhatikan syarat syar’i dalam berbusana seperti menutup aurat, tidak seksi, tidak ketat, dan tidak transparan.
Meski berbeda, namun bukan berarti gaun tersebut tidak bisa didesain secara modis. Beberapa perancang ternama, bahkann mampu membuat gaun pengantin muslimah dengan gaya masa kini dan tidak ketinggalan jaman. Gaun itu bahkan juga bisa dipadupadankan dengan aksesoris untuk pernikahan sehingga semakin terlihat chic dan menawan.
Pengantin berhijab memang berebeda dari yang tidak mengenakan hijab. Tapi buka berarti mereka tidak tampil cantik memesona. Justru sebaliknya, kecantikan mereka seolah terpancar dari dalam diri mereka sendiri, sehingga mampu mengeluarkan aura anggun yang sempurna.
Nah, jika Anda adalah salah satu dari pengantin berhijab, berikut ini adalah tips dalam memilih gaun pengantin buat Anda kenakan di hari bahagia :

Pilih Model Sesuai Karakter Pribadi
Saat ini sudah banyak sekali model gaun pengantin baik yang siap pakai maupun customized. Karena itu pilihlah gaun yang sesuai dengan karakter pribadi Anda sebagai seorang muslimah yang taat.

Tidak Transparan dan Tidak Ketat
Model busana pengantin harus lebar dan longgar dan tidak boleh ketat, transparan apalagi sampai memperlihatkan lekuk tubuh. Carilah gaun dengan ukuran yang pas dan tidak terlalu seksi serta longgar

Memilih Bahan yang Nyaman Dipakai
Salah satu hal yang juga harus diperhatikan pada saat memilih gaun pengantin adalah, pilih gaun dari bahan yang nyaman digunakan. Dengan cara tersebut, Anda tidak akan merasa kegerahan saat berada di pelaminan.

Menutupi Aurat
Syarat utama dalam mengenakan gaun adalah menutup aurat. Adapun aurat yang dimaksud adalah menutup seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Kerudung yang digunakan juga harus menutupi area dada agar tidak terlihat keseksian seorang wanita muslimah.

Menggunakan Bahan dari Material yang Halal
Bahan baju pengantin muslim biasanya terbuat dari tumbuhan, namun ada juga sebagiannya terbuat dari emas. Bahan yang di dalamnya terdapat unsur emas dan juga kain sutera boleh digunakan wanita. Namun, tidak demikian dengan pria. Ia dilarang menggunakan keduanya.

Menggunakan Perhiasan dari Bahan yang Halal
Jika ingin menggunakan perhiasan atau riasan, Anda harus memastikan bahwa bahan itu halal. Pengantin wanita berhijab sebaiknnya mengenakan tata rias yang dibuat dari bahan-bahan halal. *
Ali Imron H

sumber thewedding.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *