5 Langkah Mengajarkan Konsep Cita-cita pada Anak

kecenderungan untuk fokus dalam menjalani hidup. Mereka akan tumbuh jadi pribadi yang punya semangat juang tinggi. Karena itu juga, tidak ada salahnya jika Moms mulai mengenalkan konsep cita-cita kepada Si Kecil.

Memasuki usia 4 tahun, Si kecil sudah bisa dikenalkan dengan konsep cita-cita. Di usia itu, Si Kecil umumnya sudah punya cita-cita saat dewasa nanti.

Dikutip dari Biglifejournal.com, ada beberapa langkah yang perlu Moms lakukan untuk membantu Si Kecil mengenal konsep cita-cita. Seperti apa langkahnya? Cari tahu yuk Moms!
Biarkan Mereka Memilih Tujuan atau Cita-cita
Moms bisa mulai bertanya soal tujuan atau cita-cita Si Kecil untuk jangka pendek dan jangka panjang. Moms jangan terlalu ikut campur untuk urusan ini.

Biarkan Mereka Memilih Tujuan atau Cita-cita

Moms bisa mulai bertanya soal tujuan atau cita-cita Si Kecil untuk jangka pendek dan jangka panjang. Moms jangan terlalu ikut campur untuk urusan ini.

Biarkan Si Kecil memilih sendiri tujuan dan cita-citanya. Dengan memilih sendiri, dia tentu punya alasan untuk mewujudkannya.

Moms bisa membantu Si Kecil untuk menentukan tujuan dan cita-cita yang realistis. Tapi ingat lho Moms, hanya membantu mengarahkan, bukan memilihkan.

Diskusikan Tujuan atau Cita-cita Itu

Jika Si Kecil sudah punya tujuan atau cita-cita, Moms bisa mengajaknya berdiskusi.

Tanyakan apa yang membuatnya memilih tujuan atau cita-cita itu, apa keuntungannya nanti, bagaimana dampaknya pada kehidupan nanti, dan apakah tujuan dan cita-cita tersebut bisa jadi cara untuk menolong banyak orang.

 

Urai Tujuan atau Cita-cita itu jadi Langkah-Langkah Kecil

Setelah Si Kecil mantap dengan tujuannya, Moms bisa membantunya untuk mengurainya jadi langkah-langkah kecil untuk sampai ke tujuan tersebut.

Buatlah gambaran langkah apa saja yang harus mereka lakukan untuk bisa sampai ke tujuan atau cita-cita itu.

Diskusikan Hambatan yang Mungkin Muncul

Diskusikan juga hambatan yang mungkin muncul saat Si Kecil mengejar tujuan atau cita-citanya itu.

Moms juga bisa membantu Si Kecil membuat daftar hambatan yang mungkin terjadi dan diskusikan solusi apa yang bisa diambil untuk mengatasi hambatan tersebut.

Hargai Setiap Usaha yang Telah Dilakukan

Ketika Si Kecil mulai punya tujuan atau cita-cita dan mulai berusaha untuk mencapainya, Moms harus berikan penghargaan.

Moms bisa bilang bahwa usaha yang dilakukannya sudah baik atau yang lainnya. Hal itu akan membuat Si Kecil semakin termotivasi karena mendapat dukungan dari Moms.

Anak-anak tentunya memiliki cita-cita yang beragam, oleh sebab itu Moms harus bisa mendukung cita-cita Si Kecil. Selamat mencoba!

(AND)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *