12 MITOS KESEHATAN SAAT HAMIL

Mitos bukan hanya ada di Indonesia. Hampir di setiap negara ada.  Bahkan, negeri modern seperti  Jepang pun punya mitos seputar kehamilan. Misalnya, ibu hamil dilarang makan kepiting atau lobster, karena anaknya bakal menjadi pencuri. Atau, ibu hamil dilarang melihat api, karena anaknya akan memiliki tanda lahir.

Bagaimana dengan Indonesia yang budaya masyarakatnya lebih majemuk ? Mitosnya  lebih banyak, bahkan ratusan. Terutama mitos yang berkaitan dengan perempuan dan kehamilan.

Diantara sekian banyaknya mitos yang beredar, ada juga mitos seputar kesehatan yang kadang membuat Ibu hamil ragu, apakah fakta atau sekadar  buat bahan obrolan antar teman.

Perut gatal akibat rambut janin sedang tumbuh
Saat menjalani kehamilan, payudara dan perut akan membesar seiring dengan tumbuh kembangnya janin. Di dalam tubuh pun terjadi perubahan hormon estrogen, sehingga kulit menjadi kering dan mudah gatal.

Bagi Bunda yang tidak memiliki penyakit kulit, hal ini normal. Untuk mengatasi perut gatal, jangan buru-buru menaburkan bedak anti gatal apalagi menggaruknya. Oleskan pelembap di sekitar area gatal dan gunakan pakaian yang longgar.

Ibu hamil dilarang keluar malam, karena akan diikuti makhluk halus
Mitos yang satu ini kadang membuat dilema Ibu hamil yang harus bekerja lembur.

Larangan Ibu hamil keluar di malam hari, karena demi menjaga kesehatan Ibu dan janin. Jika Ibu hamil sering keluar malam rentan terkena pneumonia (radang paru), radang sendi hingga gangguan sistem imun tubuh.

Konsumsi kacang hijau membuat rambut bayi lebat
Kacang hijau mengandung vitamin B, asam folat, protein serta kalsium yang sangat dibutuhkan oleh Ibu dan janin. Minum air rebusan kacang hijau tidak membuat rambut bayi setelah lahir akan tumbuh lebat.

Faktor penentu rambut bayi lebat yaitu faktor genetik. Jika Anda dan suami memiliki rambut lebat, maka akan menurun pada si kecil.

Minum air kelapa hijau membuat kulit bayi menjadi putih
Air kelapa hijau murni memang dapat mendetoks racun dari dalam tubuh. Namun, tidak bisa membuat kulit bayi menjadi putih.

Ibu hamil yang rutin minum air kelapa hijau dapat terhindar dari infeksi saluran kemih, dehidrasi serta cairan ketuban akan bersih. Karena, air kelapa mengandung tinggi elektrolit.

Telur setengah matang membuat Ibu hamil lebih bertenaga
Telur yang belum matang masih mengandung bakteri salmonella. Jadi, tidak diperkenankan Ibu hamil mengonsumsi telur mentah maupun telur setengah matang.

Agar Ibu hamil selalu bertenaga, makan telur yang matang karena mengandung 300 kalori.

Kopi berbahaya bagi kehamilan
Jika sebelum hamil, Bunda adalah pecandu kopi, sebaiknya setelah hamil mengurangi jumlah minuman kopi yang dikonsumsi. Idealnya, 100 miligram per hari atau setara dengan satu cangkir kopi.

Kopi bersifat diuretic alias membuat Anda rajin berkemih. Saat Anda lebih sering mengeluarkan cairan dan kurang minum air, Anda dan janin akan mudah terkena dehidrasi. Selain itu, dampak kopi yang berlebihan dapat menghambat penyerapan zat besi yang dibutuhkan Ibu dan janin.

Janin hilang dari rahim karena bayinya diambil makhluk halus
Ada dua kondisi yang menyebabkan janin hilang di dalam kandungan. Yaitu secara fisik – kehamilan kosong/Blighted Ovum dan secara psikis Pseudocyesis.

Blighted ovum terjadi akibat adanya kelainan kromosom, sel telur dalam kondisi kurang baik saat proses pembuahan sperma hingga kelainan genetik.

Sementara, pseudocyesis merupakan kondisi psikis perempuan yang sangat menginginkan momongan dan tertekan dengan tuntutan harus segera hamil oleh anggota keluarganya. Jadi, perempuan seolah-seolah merasakan sinyal hamil.

Maria Soraya Az Zahra ayahbunda.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *